oleh

Animation Week 2021, Saatnya Manusia Beradaptasi dalam Berkarya

YOGYAKARTA, PL– Animation for Humanity. Tema ini diangkat dalam acara Pekan Animasi atau Animation Week 2021 yang diselenggarakan oleh Galeri RJ Katamsi dan Program Studi D3 Animasi ISI Yogyakarta terinspirasi dari kondisi yang sedang dialami oleh kita umat manusia selama 1,5 tahun terakhir ini, yaitu revolusi pada aspek kemanusiaan. Manusia yang pada hakikatnya adalah makhluk individu dan sosial dikondisikan untuk beradaptasi dari kebiasaan sosial yang lama ke kebiasaan yang baru.

Menurut Dr. Samuel Gandang Gunanto, M.T., kebiasaan untuk berkumpul dan kegiatan masal saling bergotong royong dengan penuh keakraban mulai dibatasi dalam kurun waktu yang sudah menginjak 1,5 tahun lamanya. Proses-proses interaksi dan komunikasi diuji dengan adanya aturan dan larangan yang mengusik sisi kebutuhan sosial manusia.

“Fenomena ini berlaku global, semua aspek kehidupan dipengaruhi dengan hadirnya pandemi Covid-19 dengan beragam variannya. Hal ini menantang manusia untuk menemukan cara-cara baru dan inovatif dalam berkegiatan, tak terlepas di sisi kehidupan akademik dan berkesenian,” katanya.

Kegiatan mengajar klasikal tatap muka mulai beralih dengan tatap maya, metode belajar sudah beradaptasi dengan sistem campuran/blended dengan sistem sinkron dan asinkron. Kata kolaborasi virtual sudah menjadi jargon di segala bidang sebagai adaptasi istilah umum gotong-royong di kondisi normal. Semua hal diciptakan manusia untuk tetap bertahan dari kondisi revolusi yang dihadapi saat ini.

Animasi adalah salah satu media ekspresi seni yang saat ini sedang banyak digandrungi oleh generasi milenial dan generasi Z. Media ini dalam proses produksinya menuntut adanya kerjasama tim yang saling mendukung. Kondisi yang tidak ideal ini mencoba diisi dengan aktivitas inovatif para seniman, pendidik, industri dan pemerhati media animasi untuk bisa tetap menghasilkan karya dan berperan dalam warna animasi di Indonesia dan dunia. Keberadaan teknologi perangkat keras, komunikasi dan perangkat lunak saat ini sudah sangat mendukung untuk terjadinya kolaborasi virtual. Keberadaan fisik yang saling berjauhan dan aktivitas yang padat tetap bisa dijalani asalkan akses jaringan internet tetap dapat dijangkau.

“Puji syukur saat manusia dihadapkan pada kondisi saat ini, perkembangan teknologi sudah mendukung terjadinya interaksi sosial secara maya, sehingga adaptasi-adaptasi dapat dilakukan dengan mudah dan percepatan inovasi tetap berjalan sembari kebiasaan baru terbentuk. Sehingga ekspresi seni dan visual dapat terwujud demi keberlangsungan kemanusiaan yang lebih baik.”

Animation Week 2021 yang diketuai Dr. Samuel Gandang Gunanto, M.T. berisi kegiatan pameran dan penayangan karya dengan tamu undangan seniman visual Iwan Effendi, Rudi Hermawan, dan Rato Tanggela berikut 62 peserta lainnya yang akan diselenggarakan secara fisik terbatas di Galeri RJ Katamsi ISI Yogyakarta mulai 12-19 Agustus 2021 dan pameran virtual di website https://galerirjkatamsi.isi.ac.id yang dimulai tanggal 9-19 Agustus 2021. Pameran fisik akan disesuaikan dengan aturan PPKM pemerintah RI dan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat, sehingga pengunjung yang sangat antusias lebih disarankan untuk mengunjungi pameran virtualnya.

Selain itu juga akan diselenggarakan peluncuran wahana pameran virtual Animation Week 2021 yang berbasis aplikasi gather.town dan disajikan berbantukan simulasi antarmuka permainan RPG di perangkat komputer maupun smartphone yang dapat diakses dengan bantuan browser pada 10 Agustus 2021 sebagai pengganti kunjungan fisik.

Iklim akademik juga dibangun dalam kegiatan Animation Week 2021 ini dengan penyelenggaraan 2 buah talkshow yang mengajak mitra-mitra industri dan profesional di bidang animasi dan konten kreatif Indonesia yang telah berhasil, yaitu pada 11 Agustus 2021 pukul 14.00-16.00 WIB yang menghadirkan mitra industri Mythologic Studio, Rangga Yudo Yuwono dan Bernhard Sitompul, serta Kampoong Monster, Alfi Zachkyelle yang dapat diakses di alamat https://bit.ly/talk01-AW2021 serta pada hari Sabtu tanggal 14 Agustus 2021 jam 10.00-12.00 WIB yang menghadirkan Adhicipta R. Wirawan, boardgame designer dan pengajar, serta Andi Taru dari Educa Studio yang akan berbicara tentang “Ekosistem Bisnis Konten” di alamat https://bit.ly/talk02-AW2021. Akhirnya seluruh rangkaian ini nantinya akan ditutup dengan acara Seminar Nasional Animasi 2021 yang akan diselenggarakan secara virtual pada 18 Agustus 2021. Silahkan ikuti terus acara kami ini baik di channel YouTube Animasi ISI Yogyakarta ataupun media sosial FB Vokasi Animasi dan IG AnimationWeekISIYk.

(*)