oleh

Terkait Sholat Id Idul Fitri, Masjid di Bandar Lampung Tidak Kompak

BANDARLAMPUNG, PL— Terkait Sholat Id Idul Fitri 1442 Hijriah, masjid di Bandar Lampung tidak kompak. Ada yang menggelar sholat Ied dan ada juga yang tidak, Kamis (13/5).

Masjid Agung Al-Furqon tidak melaksanakan Sholat Id. Hal ini dikarenakan mematuhi imbaun Gubernur Lampung.

“Kami tidak melaksanakan Sholat Idul Fitri. Sudah dua tahun kami memang tidak menggelar sholat id. Terhitung sejak pertama pandemi tahun lalu. Begitu pun tahun ini. Itu pemberitahuannya sudah kami pasang di pagar,” ungkap Alin, salah satu pengurus Masjid Agung Al-Furqon.

Hal berbeda Pantau Lampung temukan. Masjid Al – Oesman di Jalan Rasuna Said Nomor 40a Pengajaran, Teluk Betung Utara (TBU) tetap melaksanakan Sholat Id secara menerapkan protokol kesehatan dan bekerjama bersama dengan satuan gugus tugas Covid 19.

“Kita tetap melaksanakan Sholat Id. Kemarin Babhinkamtibmas sudah kemari untuk mengimbau. Sekarang panitia Solat Idul Fitri 1442 Hijriah Masjid Al-Oesman sudah menyiapkan tempat cuci tangan dan Hand Sanityzer. Sementara untuk cek suhu menjadi tugas gugus tugas Covid 19 yang mengawal Sholat Id di masjid kami ini,” ungkap salah satu pengurus Masjdi Al Oesman, Syafi’i.

Syafi’i kembali menjelaskan. Ada dua ruang guna memperlancar sholat id. Pertama ruang atas untuk laki-laki dan ruang bawah untuk perempuan. Panitia sudah menyiapkan petugas pembagian masker di pintu masuk tiap ruang. Di pintu untuk laki-laki, ada dua petugas. Dan, di pintu masuk ruang perempuan, ada satu petugas. Selain itu, Syafi,i dan panitian lain menjamin pelaksanaan sholat id tidak ke luar ruangan. Pelaksanaan sholat id hanya di dalam ruangan yang telah disediakan untuk jama’ah.

(PL 03)