oleh

Kodim 0426 Tuba/Koramil 426-04 Banjar Agung Menggelar Kegiatan Penyuluhan Tanggap Bencana

TULANG BAWANG, PL– Banjir dan Angin puting beliung merupakan bencana alam yang sering melanda Kabupaten Tulang Bawang, untuk itu dituntut kesadaran serta wawasan terhadap pencegahan dan penanggulangan bencana.

Kodim 0426/TB, menggelar kegiatan penyuluhan tanggap bencana di Koramil 426-04/BA, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, melibatkan instansi BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Damkar, Satpol PP, FKPPI, para tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Adat, Selasa (09/08/2022).

Komandan Kodim Iqbal, S.I.P., M.Si.M mengatakan, Tulang Bawang memiliki Daerah Aliran (DAS) yang dapat menyebabkan bencana. Untuk itu, guna mengurangi korban jiwa mau pun kerugian material, pihaknya melakukan penyuluhan tanggap bencana.

Selain dapat wawasan, penyuluhan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bencana alam yang bisa datang sewaktu-waktu.

“Ini adalah salah satu program non fisik Kodim 0426/TB yang haru dilakukan karena mengingat kondisi geografis Tulang Bawang berada di daerah dengan curah hujan yang intensitasnya tinggi,” ujar Dandim.

Lanjut Dandim, masyarakat bisa sigap dalam membaca situasi apabila curah hujan mulai tinggi sehingga mereka dengan cepat merespon akan datangnya bahaya banjir maupun angin puting beliung.

Kegiatan penyuluhan tanggap bencana selai dapat memberikan wawasan akan bahaya bencana alam, juga dapat memberikan masukan akan kepedulian warga untuk melestarikan alam sehingga tetap hijau, asri dan dapat mengurangi dampak dari perubahan iklim.

(Gun)