oleh

Wali Kota Imbau Tenaga Pendidik Dampingi dan Pantau Pendidikan serta Kesehatan Murid

BANDAR LAMPUNG, PL— Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengimbau Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah dan para guru terus mendampingi para siswa agar intens belajar meski hanya di rumah.

Ia tak menampik Pemkot memberi hak prioritas menaikan dan meluluskan seluruh peserta didik SD dan SMP. Meski begitu, dia ingin siswa dan siswi menguasai ilmu sebagai penunjang pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

“Sekarang kita mendekati Endemi. Harapan bunda kepada guru, Kepala Sekolah dan Kadis Pendidikan terus dan lebih memerhatikan pendidikan serta pembelajaran peserta didik,” katanya saat menjadi pembina upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 di SMP Negeri 11 Bandar Lampung, Kamis (19/05/2022).

Dimintanya juga bagi para wali murid agar tidak mengendurkan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes), yakni menggunakan masker, terlebih ketika giat belajar dan mengajar dalam kelas.

“Kita sudah melalui berbagai persoalan daring. Sekarang kita sudah tatap muka lagi. Tapi jangan lupakan prokes, terutama saat di dalam kelas,” ungkapnya.

Dia tak mempersoalkan statement Presiden Joko Widodo yang melonggarkan prokes, yakni warga diperbolehkan ke luar ruangan tanpa masker. Akan tetapi Eva ingin peserta didik tetap menggunakan masker ketika belajar dalam kelas.

Pesannya kepada orang tua, membawakan bekal kepada anak yang sudah mengikuti PTM. Dasarnya, hepatitis akut yang saat ini dikhawatirkan merebak ke berbagai daerah Lampung.

“Peserta didik jangan diperbolehkan jajan dulu. Untuk menjaga kesehatan, lebih baik mereka membawa bekal. Yang saat ini kita takutkan penyakit hepatitis akut,” tuturnya.

Penularan hepatits akut sendiri hampir sama seperti Covid-19, yakni bisa menular melalui percikan liur.

Terakhir, Eva Dwiana memersilahkan bagi sekolah yang ingin menyelenggarakan ekstrakulikuler. Syaratnya, tetap patuhi prokes.

Tri Oktavian