oleh

Gandeng Baznas Kumpulkan Dana PNS Miliaran Lebih, Walikota Beri Santuan Anak Yatim Piatu

BANDAR LAMPUNG, PL– Walikota berikan santuan anak yatim piatu di aula Semergou pemkot Bandar lampung pada, Jumat, 29 April 2022.

Menurut Eva, dana bakti sosial ini bersumber potongan gaji para PNS. Pengolahannya diserahkan kepada baznas agar perhitungannya optimal.

Dana yang terkumpul kurang lebih 1,058 miliar. Bantuan ini sudah dimulai sejak awal April dan direncanakan selesai akhir menjelang idul fitri. Tujuannya untuk zakat, shodaqoh maupun perorangan dan fidilah.

Pembagian untuk zakat sendiri 318 juta, infaq shodaqoh 558 juta sedangkan untuk zakat fitrah kepada 100 anak yatim piatu masing-masing dapat 200 ribu rupiah.

 

“Pemkot juga akan maksimalkan bantuan untuk tahun depan hingga jumlahnya diperbanyak lagi. Saat ini hampir 20 kecamatan sudah kita berikan. Nah sekarang giliran untuk anak yatim piatu,” katanya.

Baznas Badanr Lampung sendiri siap sedia menerima saluran bantuan infaq shodaqoh yang kemudian akan diolah agar penyalurannya sesuai anjuran.

Harapan Eva, masyarakat turut serta memanfaatkan baznas yang letaknya di Jalan Basuki Rahmat. Pihak baznaz siap melayani dan koordinasi

Walikota juga mengatakan, Jumat 29 April ini akan memberi bantuan beras untuk seluruh masyarakat kota Bandar Lampung. Bantuan itu dari kementerian sosial.

“Semoga 2 hari dapat kita selesaikan pembagiannya,” tegasnya.

Kepala Baznas Bandar Lampung Arahman Mustafa menuturkan, giat rutin tiap tahun ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, apalagi masih pandemi. Namun khusus anak yatim piatu pihaknya baru sanggup mempersiapkan untuk 100 orang sedangkan tahun lalu bisa mencapai 1000.

Harapannya, tahun depan untuk anak yatim piatu ditingkatkan sekitar 500 orang dan untuk duafa juga 500 orang. Itu terdiri dari 4 kecamatan; Tanjung Karang pusat, Teluk Betung Utara, Bumi waras dan enggal.

Tri Oktavian