oleh

Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Rakyat Tani Kemiling Meroket

BANDAR LAMPUNG, PL – Harga daging melonjak pada H-1 lebaran idulfitri. Per Kg mencapai 150.000 rupiah di pasar tani, Kemiling, Bandarlampung, Minggu, 1 Mei 2022.

“Sekarang mulai naik. Saya jual dari harga 150.000 per Kg. Alhamdulillah lebih ramai dari tahun lalu. Pembelinya banyak dari pelanggan tetap tapinada juga yang baru, ujar pedagang di Pasar Rakyat Tani.

Kenaikan ini kemungkinan dari proses pemotongan hewan yang melihat animo masyarakat pada lebaran tahun ini sehingga jumlah dan waktu penjagalan mesti lebih dioptimalkan.

Kenaikan harga terjadi juga pada daging ayam boiler. Warni, pedagang ayam menuturkan. Sebelumnya 27.000, kini sudah 31.000 per Kg. Namun ini harga dari pengusaha sehingga pedagang mesti menghargai hingga 43.000 rupiah.

Lonjakan ini dikeluhkan pembeli. Namun karena tuntutan kebutuhan, mau tak mau mereka tetap membeli.

Khusus ketupat, pedagangnya menjamur meski pembelinya membludak. Akan tetapi akibat itu, banyak pedagang rela penghasilannya berkurang. Bahkan ada yang sampai mengobral agar balik modal.

 

“Tahun inilah lebih rame karena perdana. Kalo tahun kemaren kan covid. Saya jual kayak tadi aja saya obral kaena sepi. Pas diobral jadi langsung rame,” kata dalah sstu pedagang.

Harga janur untuk lebaran idulfitri 1443 Hijriah ini cukup mahal. 1000 janur dihargai 150 ribu rupiah.

Tri Oktavian