oleh

Nurdiyanah Meraih Juara Pertama Lomba Baca Puisi DPD RI Lampung

BANDAR LAMPUNG, PL– Nurdiyanah mahasiswi IAI An Nur Lampung merebut Juara I Lomba Baca Puisi Kantor DPD RI Provinsi Lampung, menyisihkan 82 peserta yang berasal dari SLTA Sederajat dan Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung.

Gelaran Lomba Baca Puisi Kantor DPD RI Provinsi Lampung memasuki babak Final secara langsung, Sabtu Malam (19/11/2022) di halaman Kantor DPD RI Provinsi Lampung, di Jalan Diponegoro Teluk Betung Bandar Lampung.

Perlombaan yang digelar sejak sejak akhir September 2022, dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama melalui Daring. Peserta mengirimkan video pembacaan puisi untuk kemudian dikirimkan ke Panitia dan diupload di YouTube. Sebanyak 83 peserta mengikuti tahap ini.

Dewan Juri yang terdiri atas Iin Zakaria (Komunitas dongeng Dakocan), Edy Samudra Kertagama (Teater Kuman), Ari Pahala Hutabarat (Teater Kober) melakukan penjurian untuk menentukan 10 peserta / Finalis yang akan mengikuti babak final yang dilaksanakan secara Luring/Langsung.

Pada Malam Final yang dibuka langsung oleh Anggota DPD RI Ir. Abdul Hakim, M.M dan dihadiri Sekjen DPD RI DR. Rahman Hati, M.Si., Kabag Pemberitaan DPD RI Taufik Jatmiko, Duta Baca Indonesia Gol A Gong, pada Penyair dan Sastrawan Lampung Isbedy Setiawan ZS, Jauza Imani dan para tokoh pers Lampung Herman Mangku Batin, Iskak, Oyos Saroso, Arif, Anton Kurniawan dan juga Udo Z.

Acara berlangsung menarik dan indah. Gino Vanollie selaku tuan rumah dan inisiator kegiatan menyampaikan, kegiatan ini digelar sebagai upaya membangun silaturahmi dan sosialisasi lembaga DPD RI kepada masyarakat, khususnya generasi muda bangsa.

Selain itu, Gino juga menyatakan, DPD RI ingin bisa ikut terlibat dalam gerakan Literasi agar kemampuan literasi masyarakat terus meningkat.

Abdul Hakim dalam sambutannya menyampaikan, puisi adalah legacy yang sepatutnya untuk terus dikembangkan dan dilestarikan karena merupakan warisan para Nabi. Melalui puisi bisa terbangun masyarakat yang cerdas dan maju. Oleh karenanya kegiatan seperti lomba baca puisi ini akan terus kita dukung.

Sebagai peraih Juara pertama adalah saudara Nurdiyanah Mahasiswa IAI An Nur Lampung, Juara 2 diraih oleh Rayhan Bagazi siswa SMAN 2 Negeri Katon, dan Zebua Trizga Ramadhona Siwa SMAN 1 Terusan Nunyai meraih Juara 3.

Selain meraih Piala tetap, para juara juga mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan yang diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal DPD RI DR. Rahman Hadi, M.Si, didampingi Kepala Kantor DPD RI Provinsi Lampung Gino Vanollie dan Perwakilan dari Dinas Perpustakaan Daerah Lampung.

Rahman Hadi mengapresiasi inisiatif Kantor DPD RI Provinsi Lampung yang telah melaksanakan Lomba Baca Puisi ini.

Ke depan harus menjadi agenda rutin, dengan kegiatan kegiatan lain yang lebih kreatif, inovatif berkolaborasi dengan stakeholder dan mitra DPD RI yang ada di daerah. Terima kasih atas suport dan dukungan dari semua pihak.

Dalam evaluasinya, secara umum Dewan Juri memberikan apresiasi bahwa secara umum sejak audisi tahap pertama hingga final, para peserta telah tampil secara baik dan maksimal. Namun demikian, para peserta tetap harus terus belajar dan meningkatkan kualitas diri sehingga mampu menjadi pembaca puisi yang terbaik. Karena setiap p

isi memiliki ciri dan pesan tersendiri. Membutuhkan kualitas pembacaan yang tentu tidak mudah.

Gelaran Malam Final juga dimeriahkan oleh kehadiran Gol A Gong Duta Baca Indonesia dan Tim yang juga ikut membacakan puisi dan memberi apresiasi atas inisiatif Kantor DPD RI Lampung yang mau terlibat dalam upaya upaya gerakan literasi.

“Sungguh ini sesuatu yang special dan patut diberi apresiasi tinggi,” tuturnya.

Beberapa Penyair Senior Isbedy Setiawan ZS dan Jauza Imani turut naik ke atas panggung membacakan puisi

Acara malam itu ditutup alunan beberapa lagu manis dan indah dari Musik Ba’da Isya’ UKMBS Unila.

(*)