oleh

Lepas Lulusan SMPN Gisting, Bupati Dewi Handajani: Jaga Nama Baik Sekolah ini

Tanggamus, PL – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menyatakan rasa kebanggaannya pada siswa dan siswi SMPN Gisting tahun pelajaran 2021/2022 yang dinyatakan lulus dengan predikat terbaik. Dalam pelepasan kelulusan Selasa (14/06/22), itu juga Bupati Dewi Handajani menghimbau kepada para lulusan untuk tetap menjaga nama baik sekolah.

Dalam pelepasan siswa itu juga turut dihadiri, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus Yadi Mulyadi, Kapolsek Talang Padang Iptu Bambang, Camat Gisting Purwanti, Kepala KUA kecamatan Gisting Darmawan, Uspika Kecamatan Gisting dan Serta Para guru dan Wali Siswa SMP Negeri 1 Gisting.

Bupati Tanggamus mengatakan dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada anak-anak yang telah lulus dan akan melanjutkan pendidikannya, semoga nantinya dapat duduk di bangku sekolah favorit masing-masing dan menjadi pelajar yang unggul serta menjadi kebanggaan bagi kita semua.

“Tak terasa tiga tahun telah berlalu, dari awal kalian masuk dan menuntut ilmu di sekolah ini, hingga pada saat ini kalian semua lulus 100% dengan nilai yang memuaskan. Kita yang hadir disini merasa bangga. Dan kini saatnya kalian melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu ke tingkat SMA/sederajat, Mudah-mudahan dengan ilmu yang telah diajarkan di sekolah ini bisa menjadi bekal untuk kehidupan kalian dimasa depan nanti” Kata Bupati.

Masih kata Bupati, “Sekolah ini telah mengajarkan kepada kalian para siswa-siswi untuk sopan santun. Perlihatkanlah sifat santun itu kepada masyarakat luas agar itu menjadi ciri khas kita. Jagalah nama baik sekolah, jangan rusak nama sekolah ini dengan hal-hal yang tidak baik. Meskipun kalian sudah tidak bersekolah disini lagi, tetaplah kalian membawa nama baik sekolah ini. Bapak/Ibu Hadirin yang berbahagia” Ujarnya.

Dewi Juga menambahkan, Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, sebab biasanya kualitas kecerdasan manusia dilihat dari seberapa tinggi seseorang tersebut mengenyam pendidikan. Pemerintah juga tidak main-main dalam menggalakkan pendidikan, terbukti dari adanya salah satu peraturan yang mengatur tentang pendidikan.

“Peraturan tersebut tertuang dalam UUD 1945 pasal 31 ayat (1) disebutkan bahwa : Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran; ayat (2) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur dengan undang-undang,” terang Bupati.

Lebih jauh, Dewi Handajani juga menambahkan, oleh karena itu pemerintah mendapatkan amanat untuk menjamin hak-hak warga negara dalam mendapatkan layanan pendidikan, dan berkewajiban menyelenggarakan satu sistem pengajaran Nasional. Kepedulian pemerintah akan pendidikan juga terlihat pada besarnya alokasi dana untuk pendidikan dari APBN dan APBD, ini membuktikan keseriusan pemerintah untuk menjamin warga negaranya mendapatkan pendidikan yang layak. Namun Kita menyadari sebagian masyarakat masih sulit dalam mengenyam pendidikan” .

Sementara itu, Sunarmi Kepala Sekolah SMPN 1 Gisting mengatakan, bahwa akibat Pandemi covid 19 dua kali berturut turut pelaksanaan penyerahan peserta didik, kami lakukan secara bergantian bahkan dengan daring sungguh kami sangat sedih namun kita harus patuh dan taat kepada aturan agar covid segera
berakhi.

“Alhamdulillah saat ini pandemi berangsur menghilang namun kami selalu menghimbau tetap harus hati – hati, Kurang lebih 3 Tahun dengan Setuasi Covid-19, kami pihak sekolah, Bapak ibu dewan guru mendidik putra/i bapak ibu dengan segala upaya baik itu Daring, Luring,  bahkan ketika putra/i bapak ibu mengalami kesulitan bapak ibu guru dengan penuh kesabaran membimbingnya” tutup Surnami.