oleh

Wagub Lampung Lepas 393 CJH Asal Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG, PL– Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Halim melepas 393 Calon Jamaah Haji (CJH) 2022 asal Bandar Lampung.

Pemberangkatan perdana ini diberangkatkan dari Gedung Asrama Haji Rajabasa, Minggu (05/06/2022) malam.

Wagub Chusnunia mengatakan, pemberangkatan pertama jemaah haji tersebut merupakan bagian dari 3.246 CJH dari Provinsi Lampung yang terbagi dalam 9 kelompok terbang (kloter) pemberangkatan. Mereka terdiri dari 3.214 Jemaah dan 32 Petugas Kloter.

“Alhamdulillah, Pemberangkatan pertama CJH Provinsi Lampung yang diberangkatkan hari ini berjumlah 393 jamaah, berasal dari Kota Bandar Lampung,”ujar Chusnunia.

Menurut Wagub, pemberangkatan CJH ini merupakan hari yang sangat bersejarah, karena selama 2 tahun ini pelaksanaan ibadah Haji tertunda.

Wagub meminta kepada CJH hendaknya bersyukur karena dapat menunaikan ibadah haji di tahun ini dan diberikan kesehatan lahir dan batin.

“Karena terdapat pengurangan kuota keberangkatan Jamaah Calon Haji cukup signifikan, serta banyak pula saudara-saudara kita yang batal untuk berangkat karena sakit atau meninggal dunia, meskipun mereka mendapat kuota di tahun ini,” ujar Chusnunia.

Lanjut Wagub, segala sesuatu terjadi karena takdir dan kehendak Allah Taala.

Chusnunia juga berharap agar para CJH dapat menjalankan ibadah haji ini dengan penuh kekhusyuan dan keikhlasan karena telah mendapat panggilan Allah Subhanahu Wataala ke Tanah Suci Makkah.

Sejauh ini, masih kata Chisnunia, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung untuk meningkatkan fasilitas penyelenggaraan haji agar lebih baik.

Mulai dari memfasilitasi PCR, membiayai Ongkos Transit Daerah yang juga disubsidi Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota, memfasilitasi makan -minum pada saat pemberangkatan dan pemulangan di ruang transit di Bandara Jakarta, serta armada pendukung dilaksanakan oleh Perum Damri selaku penyedia jasa transportasi darat dan PT Garuda Indonesia selaku penyedia jasa transportasi udara.

“InsyaAllah, pada musim haji mendatang, fasilitas pendukung lainnya juga akan ditingkatkan agar para Jamaah dapat beribadah lebih khusyu’ dan lancar,” kata dia.

Wagub Chusnunia sedikitnya memberikan 7 pesan kepada para CJH. Pertama, memelihara dan menjaga kesehatan, senantiasa menerapkan protokol Kesehatan.

Kedua, waspada terhadap cuaca panas selama berada di tanah suci dan menghemat energi.

Ketiga, beribadah dengan penuh keikhlasan, kekhusyu’an dan menunaikan ibadah Haji semata-mata karena Allah Subhanahu Wata’ala.

Keempat, menjunjung tinggi martabat bangsa, menunjukkan kepribadian sebagai muslimin/muslimat Indonesia, khususnya Provinsi Lampung yang baik.

Kelima, mendengar dan mematuhi perintah dari petugas haji kita antara lain Amirul Haj, TPHD, Ketua Rombongan dan Ketua Regu.

Keenam, mendoakan agar Provinsi Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai yang kita cintai ini senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Dan ketujuh, kepada Pembimbing dan Petugas Haji agar melakukan tugasnya sesuai amanah dan penuh rasa tanggung jawab.

“Saya mendoakan semoga para Jamaah Calon Haji baik saat berangkat ke tanah suci hingga kembali ke tanah air berada dalam keadaan sehat, selamat dan dapat berkumpul kembali bersama keluarga, dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Provinsi Lampung Tahun 2022, secara resmi saya nyatakan diberangkatkan,” ujar Chusnunia seklaigus mengakhiri sambutannya.