oleh

Dibutuhkan! Produk Khas Tiap Daerah

Ketua PKK Palu Ingin Tukar Keripik Lampung dengan Bawang 

BANDAR LAMPUNG, PL- Pertukaran produk khas masing-masing daerah sangat dibutuhkan guna optimalisasi UMKM lokal menuju nasional.

Seperti yang diucapkan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palu, Diah Puspita. Perlunya pertukaran produk bertujuan meningkatkan penjualan produk UMKM.

“Tentunya kerja sama pertukaran antar daerah sangat penting supaya Indonesia mengenal berbagai produknya sendiri,” ujarnya, Minggu (29/05/2022).

Keripik khas oleh-oleh Lampung dan produk khas berbahan dasar bawang asli kota palu sendiri, baginya cocok dijadikan percobaan inovasi tersebut.

Perlu Koordinasi dan Gerak Cepat Pertukaran Produk UMKM 

Diah Puspita telah dan selalu mengajak tiap pemimpin daerah mengupayakan inovasinya tersebut dalam tiap kunjungannya.

Khusus produk Lampung, ketertarikannya tertuju pada keripik dan hasil seni tapis.

“Inovasi ini harus segera dilakukan. Itu alasan saya selalu mengajak para pimpinan daerah melakukan pertukaran produk setiap berkunjung ke kota mau pun kabupaten,” tuturnya.

Satu yang diinginkannya dari inovasi itu, peningkatan Pendapat Anggaran Daerah (PAD) dan serta dari ekonomi kerakyatan sehingga kota mau pun Kabupaten dapat mandiri membangun insfrastruktur. Selain itu, daya saing penjualan produk lokal tak kalah dengan luar negeri. Namun juga diperlukan peningkatan wawasan bagi praktisi UMKM agar kemasan produknya menarik.

Wali Kota Bandar Lampung Diapresiasi karena Suguhan Kuliner-Panorama

Tak lupa, sebelum meninggalkan kota perayaan HUT APEKSI yang ke-22, Diah Puspita berterima kasih atas suguhan dan suksesnya penyelenggaraan tersebut.

Kuliner dan panorama Lampung merupakan kesan yang sulit dilupakannya. Terlebih, Eva Dwiana dianggapnya mampu membangkitkan gairah UMKM.

“Terima kasih buat Walikota Eva Dwiana dan jajarannya, telah memberi sambutan pada kami (seluruh walikota se-Indonesia). Ini luar biasa dan setibanya kami di sini langsung diberi pelayanan yang sangat baik dan diajak melihat UMKM luar biasa,” jelasnya.

Sekadar informasi, pada pelaksanaan APEKSI ke-22, Pemkot Bandar menyiagakan personel Gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub. Selain itu, para Muli Mekhanai terbaik Bandar Lampung juga diikutsertakan sebagai pendamping sekaligus pemandu para Wali Kota.

Tri Oktavian