oleh

Wali Kota Bacakan Sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi RI Harkitnas Jangan Cuma Seremonial

BANDAR LAMPUNG, PL—Wali Kota Eva Dwiana bacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia Jhonny G Plate pada upacara peringatan HUT Kebangkitan Nasional di halaman kantor Pemkot, Jumat pagi (20/05/2022).

Isi sambutan itu, Menkominfo mengajak masyarakat dan pemerintah memahami esensi sejarah kebangkitan nasional, bukan sekadar seremonial.

“Mari sejenak kita telaah historis peringatan Hari Kebangkitan Nasional,” Isi Sambutan Jhonny G Plate.

Presiden Soekarno menetapkan 20 Mei 1948 lalu sebagai hari Kebangkitan Nasional merujuk pada didirikannya perkumpulan Boedi Oetomo. Tujuannya membangkitkan Nasionalis Indonesia.

Perpecahan antar golongan yang beradu hebat ideologi di tengah perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari Belanda merupakan ancaman bangsa Indonesia. Kala itu, Boedi Oetomo hadir menggagas semangat persatuan, menghimpun power pemuda untuk mencegah gejolak masyarakat dan jatuhnya Indonesia ke dalam penjajahan Belanda.

“Semangat Boedi Oetomo masih relevan sebagai konstekstual kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Rusia-Ukraina, ekonomi dan geopolitik global tak terkendali dan berpengaruh bagi Indonesia. Mari kita maknai peringatan hari ini untuk memperkuat persaudaraan melawan rintangan yang ada sekarang,” isi sambutan yang dibacakan Eva Dwiana.

Tercatat pada Jumat 20 Mei ini, penangan Covid-19 mulai positif. Indikator kasus harian baru di bawah 400 kasus sedangkan total kasus sudah dibawah 5.000 kasus, sesuai data per 13 Mei 2022. Khusus vaksinasi dosis kedua mencapai 79%.

“Namun demikian kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan mendorong pemulihan perekonomian nasional.”

Perekonomian Indonesia pada triwulan I tahun 2022 terhadap triwulan I 2021 mengalami pertumbuhan 5,01 persen. Hampir seluruh usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan,” katanya.

“Dari sisi produksi, tiga Lapangan Usaha mengalami pertumbuhan tinggi yakni sektor usaha transportasi dan pergudangan 15,79%, sektor jasa-jasa lain 8,29%, dan sektor informasi komunikasi 7,14%.”

Di lain sambutan Jhonny G Plate, Eva mengumumkan hadiah umroh bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot.

“Hari ini kami juga melaksanakan halal bil halal serta pengundian umroh bagi karyawan yang ada di Bandar Lampung. Ada 75 orang dan yang sudah dapat,” tutupnya.

Tri Oktavian