oleh

Motivasi Bupati Tanggamus, Sinergitas OPD dan TP-PKK Ciptakan Masyarakat Mandiri Sejahtera

TANGGAMUS, PL — Bupati Tanggamus Dewi Handajani, hadir dalam rapat koordinasi dan halal bi halal pengurus TP-PKK Kabupaten Tanggamus Tahun 2022 di Room Randu Resto Bukit Randu Bandar Lampung, Sabtu, 14 Mei 2022.

Hadir juga Wakil Bupati AM. Syafi’i, para Asisten , para OPD terkait, dari Kemenag, Wakil ketua I, II dan III, Ketua Pokja dan Jajaran Pengurus PKK Kabupaten.

Dewi Handajani, pembina TP PKK mengatakan. Dalam acara yang diselenggarakan sebagai upaya meminimalisir ego sektoral, selisih pendapat inj sudah cukup membanggakan.

Diharapkan, TP-PKK Tanggamus melaksanakan tugas dan fungsi membina potensi masyarakat sejahtera.

Pesannya, perangkat daerah Kabupaten ini menjadikan PKK sebagai mitra kerja pelaksanaan program-program kemajuan rakyat.

“Dinas PMD dengan kelembagaan yang ada kiranya dapat mensupport alokasi angggaran dana desa untuk pemberdayaan masyarakat guna mendukung TP-PKK agar berperan aktif bangkitkan kreatifitas masyarakat sejahtera,” ungkapnya.

Bupati juga berharap Dinas Kesehatan (Dinkes) bersinergi dengan organisasi tersebut, terutama untuk Progsm Kerja (pokja) 4.

Dinas PPPA, Dalduk dan KB juga dipesankannya berkoordinasi dengan Pokja 1 TP-PKK, terutama terkait pembinaan Keluarga Balita, Remaja dan Lansia.

Sedangkan untuk konsolidasi antara TP-PKK dengan Dinas Pendidikan dimintanya bekerjasama untuk sukseskan kegiatan-kegiatan Pokja 2 PKK. Tujuannya mengelola program pendidikan.

Konsolidasi antara Dinas ketahanan Pangan dan TPH diharapkannya fokus pada Pokja 3 yang mengelola Program Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata laksana Rumah Tangga.

“Mari kita dukung bersama pelaksanaan Program-program TP-PKK di Kabupaten Tanggamus yang bertujuan memberdayakan masyarakat menuju sejahtera yang merupakan cita-cita bersama,” tuturnya.

Sri Nilawati , Ketua TP PKK menyampaikan, kegiatan rapat koordinasi guna mempererat silaturahmi antara OPD terkait selaku mitra PKK dengan seluruh pengurus TP-PKK memang bertujuan membangun sistem kerja guna mengoptimalkan sumber daya yang ada demi terciptanya masyarakat mandiri demi kesejahteraan.

“Rasa kekeluargaan yang dibangun ini dapat meminimalisir ego sektoral, selisih pendapat dan lain-lain, yang dimungkinkan terjadi dalam berkoordinasi sinergikan program. Komunikasi dan koordinasi yang baik dapat menghasilkan bermacam inovasi bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Pihaknya telah melakikan reshufle guna menyesuaikan hasil Rakernas IX. Hasilnya, Staf Ahli ditambahkan dalam SK TP-PKK untuk kepengurusan 2022. Tujuannya memaksimalkan rencana dan pelaksanaan program kerja.

PL 04