oleh

Kelompok 5 Rupa Semarang Taja Pameran Lukisan “Joerney” di Surakarta

SURAKARTA, PL– Kelompok 5 Rupa asal Semarang menaja pameran di Royal Besaran Heritage Resto Art Gallery, Venue & Space, Jalan Adi Sucipto, No. 01, Colomadu, Surakarta.

Pameran lukisan bertajuk “Journey” dibuka VP Business Accelaration Squad PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko (Persero) ditandai dengan pemotongan tumpeng yang kemudian diserahkan kepada Sesepuh Kelompok 5 Rupa Goenarso, Minggu (19/12/2021).

Pameran yang menaja 30 karya lukisan kerya anggota kelompok 5 Rupa yaitu; Goenarso, Giovani Susanto, Yoyok Barokalloh, Hary Laksono dan Harry Titvt akan berlangsung dari 19 -29 Desember 2021.

Pada pembukaan pameran yang berlangsung meriah dengan suguhan pembuka Tarian Merak Ngigel dari Semarak Chandrakirana Art Center dan Musikalisasi Puisi dan Musik Akustik dari Djirolu nampak hadir antara lain; para perupa dari Boyolali, Kartasura, Surakarta, Kolcai Chapter Semarang, Semarang Sketchwalk, Kolcai Chapter Solo, Komunitas Bunga Rumput, dan tamu undangan lainnya.

VP Business Accelaration Squad PT. TWC, Ririn Murdianingsih dalam sambutannya, mengatakan, sangat mengapresiasi kehadiran Kelompok 5 Rupa yang tampil menggelar pameran lukisan di Royal Besaran Gallery. “Semoga gelaran pameran ini bermanfaat dan bisa menjadi pemantik semangat para perupa di Surakarta dan Jawa Tengah untuk menjadikan Royal Besaran Gallery tempat menggelar pameran karya kreatifnya,” ujar Ririn.

Lebih lanjut, Ririn juga berharap, kehadiran Royal Besaran Heritage Resto Art Gallery, Venue & Space yang sangat strategis ini menjadi salah satu super hub di Jawa Tengah. “Harapannya ke depan Royal Besaran Gallery bisa menjadi salah satu destinasi budaya pilihan yang tentunya akan berdampak juga bagi destinasi Museum Colomadu dan sekitarnya, ” imbuh Ririn.

Ketua Kelompok 5 Rupa Giovani Susanto, dalam sambutannya, sangat mengapresiasi Royal Besaran Gallery melalui General Manajernya, yang mengundang Kelompok 5 Rupa untuk menggelar pameran di sini.

Di tengah perjalanan “Artpaintour # 4”, lanjut Giovani, Royal Besaran Gallery and Resto, Surakarta menggandeng Kelompok 5 Rupa untuk berpameran. “Ketika GM Royal Besaran Gallery and Resto Surakarta mbak Pembayun Galih Ratri menawari kami pameran jelas k ami menyambutnya. Ini sebuah penawaran yang menarik dan apresiatif,” ujar Giovani.

Menikmati Lukisan Sembari Bersantap

Menurut GM Royal Besaran Heritage Resto Art Gallery Venue & Space, Surakarta, Pembayun Galih Ratri, pihaknya mengundang Kelompok 5 Rupa, karena semangatnya yang terus kretaif berkarya, bergerak berpameran dari cafe ke cafe dan hotel meski di tengah himpitan pandemi Covid -19.

“Langkah Kelompok 5 Rupa selaras dengan Galeri Royal Besaran Surakarta yang mencoba kembali menyebarkan energi terbarukan berupa semangat.. “Gelar pameran ini merupakan kolaborasi perjuangan kita bersama untuk meraih harapan,” tandas Pembayun di sela-sela berlangsungnya pameran.

Ditambahkannya, Kelompok 5 Rupa ini juga alirannya rupa-rupa, pelukis Goenarso (abstrak), Giovani Susanto (surealisme ), Yoyok Barokalloh (impresionisme), Hary Laksono (surealisme) dan Harry Titvt (realis).

“Jadi para kolektor atau penikmat seni bisa menikmati perjalanan imajinasi yang dikemas dalam “Journey” lewat karya-karya anggota Kelompok 5 Rupa dengan beragama karya. Kapan bisa menimati lukisan yang indah sembari menyantap hidangan favorit kalau tidak di Royal Besasan Gallery and Resto,” ujar Pembayun berpromosi.

(*)