BANDAR LAMPUNG, PL – Komite Teater Dewan Kesenian Lampung (DKL) bakal menaja Festival Dramatic Reading. Festival yang akan digelar di Gedung Pertunjukkan Dewan Kesenian Lampung, Komplek PKOR Way Halim, Bandarlampung, Sabtu – Minggu, 18 – 19 September 2021 ini akan menampilkan 6 Grup Teater.

Ketua Komite Teater DKL, Desi Susanti, mengatakan, Festival Dramatic Reading merupakan rangkaian program komite teater DKL tahun 2021. Para grup penampil dalam event ini, sutradaranya yang terpilih dan berkesempatan mengikuti workshop penyutradaan selama tiga hari (29 -31 Juli 2021) dengan pengampu para tokoh teater Lampung yaitu, Iswadi Pratama (Sutradara Teater Satu), Ari Pahala Hutabarat (Teater Kober) dan Imas Sobariah (Anggota Akademi Lampung dan Aktivis Teater). “Mereka digembleng selama tiga hari untuk meningkatkan kemampuan dalam penyutradaan oleh para empu teater Lampung. Festival ini jadi panggung mereka unjuk kebolehan memanggungkan naskah menjadi sebuah pertunjukkan teater,” jelas Desi.

Agenda Pementasan

Desi menambahkan 6 Grup Teater yang bakal tampil ini merupakan grup teater terpilih yang masih aktif berproses dan memiliki SDM yang mumpuni. Desi memaparkan kegiatan festival dramatic reading akan berlangsung selama dua hari.

Pada hari pertama, Sabtu, 18 September 2021 akan tampil pada sesi pertama; Pukul 09.30 – 10.30 WIB, Teater UKM KSS – FKIP Unila (Bandarlampung), mengusung lakon “BABU” karya Jean Genet dengan sutradara Tim KSS. Sesi kedua, Pukul 11.00 – 12.00 WIB Komunitas Teater Malam (Metro) dengan lakon “PILGRIM” karya Ari Pahala Huta Barat dengan sutradara KelanaSenja-dm dan sesi ketiga, Pukul 13.30 – 14.30 Teater Orion (Bandar Lampung) memanggungkan naskah “MACHBETH” karya William Shakespeare dengan sutradara Baysa Deni.

Usai agenda pementasan teater pada hari pertama, imbuh Desi, pukul 16.00 WIB, akan ditutup dengan pidato kebudayaan oleh budayawan Lampung Iwan Nurdaya-Djafar dari Akademi Lampung bertajuk: “Berkesenian di Musim Pagebluk”.

Pada hari kedua festival, Minggu, 19 September 2021, lanjut Desi akan tampil pada sesi pertama, Pukul 09.30 – 10.30 WIB, Teater Kurusetra UKMBS Unila (Bandar Lampung), mengusung lakon “END GAME” karya Samuel Becket dengan sutradara, Novian Pratama, kedua, Pukul 11.00 – 12.00 WIB tampil Teater Jabal (Tanggamus) memanggungkan lakon “LEUNGIT” karya Imas Sobariah dengan sutradara Asep Kurniawan, dan sesi ketiga, Pukul 13.30 – 14.30 WIB tampil Sanggar Seni Gauri (Lampung Barat) mengusung lakon “END GAME” karya Samuel Beccket dengan sutradara Rian Krama Yudha.

Pada pamuncak kegiatan Festival Dramatic Reading gelaran Komite Teater Dewan Kesenian Lampung ini yang menarik, Minggu 19 September 2021 Pukul 19.30 WIN, ada special perfomance dari Teater Satu Lampung yang akan mengusung lakon “PILGRIM” karya Ari Pahala Hutabarat dengan sutradara Iswadi Pratama. “Penonton terbatas bisa mengontak nara hubung untuk registrasi di HP/WA 087794228859. Tetap patuhi protokol kesehatan, ya, agar semuanya lancar,” ujar Desi mengingatkan.

(*)