oleh

Direktur Lamban Sastra dilantik Sebagai Advokat APSI

BANDAR LAMPUNG, PL– Direktur Lamban Sastra Isbedy Stiawan ZS sekaligus Wakil Ketua Organisasi Keanggotaan DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) kota Bandar Lampung Erika Novalia Sani dilantik dan disumpah sebagai advokat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Lampung. Pelantikan tersebut terlaksana di pengadilan tinggi Tanjung Karang, Kamis (22/7).

Erika Novalia Sani yang turut berproses di bidang seni sastra dan di partai politik, mengaku bahagia karena telah meraih cita-citanya sejak masih mahasiswa di fakultas Hukum Universitas Lampung (unila). Sebagai lulusan Hukum Unila, dia ingin mengabdikan diri kepada masyarakat.

“Saya sudah sejak lulus kuliah, turut serta dalam lembaga kemasyarakatan. Saya sudah sering turun ke daerah terpencil untuk menengahi konflik masyarakat. Tapi, dulu bukan sebagai advokat,” ujarnya kepada Pantau Lampung, Kamis (22/7).

Saat ditanya perihal mana bidang yang paling diminati antara hukum dan seni, dia mengaku senang bisa berkarir di bidang ilmu yang saling berkesinambungan tersebut. Apalagi, sejak kuliah, Erika sudah mengasah keterampilan seninya di UKMBS Unila.

“Seni dan hukum tentu bisa berkolaborasi menjadi satu kesatuan yg harmonis. Terlebih dalam rangka menciptakan kemanusiaan yg adil dan beradab. Contoh saja, kalau kita nonton televisi, banyak sinetron yang sudah bekerjama dengan tim advokat untuk mengatur urusan hukum tayangannya sebagai upaya kesuksesan bersama semua yang terlibat dalam sinetron itu,” lanjut politikus yang kerap dipanggil Riri tersebut.

Menurutnya, komunitas atau lembaga seni sekali pun perlu menjalin kerja sama dengan orang-orang yang mengerti dan memahami hukum. Hal itu dikarenakan banyak aturan-aturan yang telah dibuat pemerintah guna menciptakan seni yang sejalan dengan ideologi Bangsa. Imbuhnya, untuk itu perlu sinergitas antara seni dan hukum. Seni untuk mengasah keterampilan dan menciptakan keindahan dan hukum untuk mengatur serta menunjang kerja-kerja kesenian agar senantiasa tersalurkan dan manfaatnya dirasakan masyarakat.

Begitu pun bidang politik. Ilmu seni sangat diperlukan dalam kegiatan berpolitik. Memberdayakan kader di partai politik bisa melalui kegiatan seni. Jadi menurutnya, ketiga bidang ilmu tersebut sangat menunjang untuk mencerdaskan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di sekitarnya.

“Harapan saya, amanah yang saat ini saya emban, bisa saya laksanakan penuh suka cita dan rasa tanggung jawab. Baik di kesenian mau pun di bidang hukum. Untuk itu, saya berharap dukungan dari keluarga besar Lamban Sastra Isbedy Stiawan ZS dan APSI tentunya, sehingga apa yang saya lakukan menjadi manfaat bagi banyak kalangan,” tutupnya.

(PL 03)