oleh

Kesetaraan Gender dalam Keluarga, Perlukah?

BANDAR LAMPUNG, PL— Pentingnya kesetaraan gender dalam keluarga sudah menjadi trend di tengah masyarakat modern saat ini. oleh sebab itu, Kelompok Kajian Gender danPembangunan (KKGP) FISIP Universitas Lampung (UNILA) dan Forum Komunikasi Partisipasi Masyarakat untuk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Forkom PUSPA) Provinsi Lampung menyelenggarakan Webinar bertema Kesetaraan gender dalam keluarga, perlukah?

Acaranya sendiri akan berlangsung pada hari Jumat, 28 Mei 2021, mulai pukul 09.30-11.30 WIB.

Berdasarkan rilis panitian acara, tujuan penyelenggaraan acara Bincang Santai BiS@ ini, semata-mata untuk meluaskan cakrawala pengetahuan para peserta sebagai pihak yang memiliki kepedulian pada pemberdayaan perempuan serta perlindungan anak. Selain itu, tentu saja pada institusi keluarga. Pengetahuan yang meningkat diharapkan mewujud dalam pelayanan/pendampingan yang semakin berkualitas.

“KKGP FISIP Unila dan forkom PUSPA memandang bahwa keluarga merupakan unit terkecil dalam sistem sosial yang amat penting dalam menyokong “daya tahan” suatu masyarakat. Namun, acap kali, keluarga justru menjadi tempat berbagai persoalan. Korbannya bermacam-macam. Bisa dari suami mau pun istri. Bahkan anak,” berdasarkan rilis dari panitia penyelenggara acara, Kamis (27/5).

”Dalam kondisi seperti ini, keluarga bukan hanya tidak layak sebagai tempat “belajar”, malah menjadi tempat yang berbahaya bagi anggotanya. Tambah lagi ada yang khas pada jaman kini. Yaitu, media sosial.”

Dunia maya sangat berpengaruh pada dinamika keluarga. Teknologi komunikasi berpotensi akan memperburuk daya tahan keluarga,” masih dari rilis panitia.

Dalam webinar tersebut, KKGP FISIP Unila dan forkom PUSPA ingin membagi pengalaman serta memberi pemahaman tentang kesetaraan gender di era peningkatan teknologi komunikasi dalam keluarga.

Ada pun yang akan menghadiri dan menjadi narasumber dalam acara tersebut ialah, lembaga-lembaga masyarakat (LM) yang tergabung didalam Forkom PUSPA serta para mahasiswa yang sedang meneliti atau belajar seputar tema ini.

Kemudian, para pemantiknya adalah Dr. Ani Agus Puspawati, M.Si. (Dosen Administrasi Negara Unila), Dr. Nina Yudha Aryanti, M.Si (dosen Ilmu Komunikasi UNILA) serta Ketua Forkom PUSPAProvinsi Lampung, Yuli Nugrahani, S.TP. Diskusi akan dimoderatori oleh Divisi Litbang KKGP, Dr. Tina Kartika, M.Si.

(PL 03)