Bupati Tanggamus Hadiri Rakor TP PKK Bertema Wujudkan Ketahanan Keluarga

TANGGAMUS, PL– Bupati Tanggamus Dewi Handajani hadiri acara rapat koordinasi tim penggerak PKK kabupaten Tanggamus bertemakan pemantapan program tim penggerak PKK kabupaten Tanggamus mewujudkan ketahanan keluarga untuk Tanggamus Jaya, bertempat di aula serumpun padi, Jum’at, 12/05/23.

 

 

Dalam laporan Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i, mengatakan penyelenggaraan rakor PKK Kabupaten Tanggamus ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan rakor PKK Provinsi Lampung pada tanggal 31 Januari 2023 di Bandar Lampung.

Selain itu juga sebagai bentuk implementasi pembinaan umum pelaksanaan Gerakan PKK sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Pelaksanaan kegiatan ini mempunyai arti penting dan strategis dalam upaya mengoptimalkan sinergitas kebijakan dan program Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat Pusat sampai dengan Pekon/Kelurahan.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi langkah strategis sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan 10 Program Pokok PKK untuk mendukung program prioritas dan unggulan Pemerintah khususnya di Kabupaten Tanggamus yang kita cintai ini.

Tujuan Pelaksanaan Kegiatan :
a. Dalam rangka fasillitasi Penguatan Kelembagaan PKK berdasarkan Rencana Induk Gerakan PKK dan Strategi Gerakan PKK dalam mekanisme perencanaan program secara berjenjang;
b. Sebagai evaluasi Program Kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus tahun 2022;
c. Dalam rangka membahas dan menyepakati prioritas program dan kegiatan Tim Penggerak PKK
Kabupaten Tanggamus Tahun 2023.

Adapun peserta yang hadir pada kegiatan ini terdiri dari unsur Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Tanggamus yang masing-masing didampingi oleh 5 orang anggota diantaranya terdiri dari sekretaris, dan para Ketua Pokja. Dan sebagai mitra kerja pemerintah, tidak lupa kami turut mengundang para Kepala Perangkat Daerah yang nantinya kami harapkan dapat memberikan masukan dan arahan demi kelangsungan program-program PKK.

BACA JUGA :   Ini Motif Pelaku Pelempar Bom Molotov ke Rumah Sekretaris PWNU Lampung

Sementara Bupati Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan kita ketahui bersama, Pemberdayan Kesejahteraan Keluarga yang familiar dengan sebutan PKK adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan Wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan, merupakan mitra Pemerintah yang sudah melegenda dan diakui kiprahnya dalam berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dari tinggkat pusat bahkan sampai ke tingkat RT dan RW.

Oleh karenanya, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus saya harap untuk terus berbenah melengkapi Sumberdaya Manusia yang terlibat di Organisasi PKK dengan struktur yang disesuaikan dengan kebutuhan, apabila perlu dilakukan penataan atau penambahan personil-personil baru yang harapannya dapat memperkaya potensi yang ada sehingga organisasi PKK di Kabupaten Tanggamus dapat berkiprah, dapat berbuat lebih banyak bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Lanjut Bupati, saya selaku Pembina merasa bangga, dan memberikan apresiasi, dukungan dan dorongan agar TP-PKK Kabupaten Tanggamus terus melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menggerakkan dan membina potensi masyarakat menuju kesejahteraan, terangnya.

kemudian, saya juga berpesan kepada Perangat Daerah yang ada di Kabupaten Tanggamus terutama yang hadir saat ini, untuk dapat menjadikan PKK sebagai Mitra dalam melaksanakan program-program yang selaras dengan Program PKK.

Selanjutnya, pesan saya juga kepada Ibu Ketua TP-PKK dan Jajarannya, teruslah berbuat untuk masyarakat, memang dalam membina, mengarahkan dan mendampingi masyarakat untuk berdaya menuju kemandirian bukan sesuatu yang sederhana, tidak seperti membalikkan tangan tetapi butuh energi yang
luar biasa, kesabaran, keuletan, karena yang dibangun adalah manusia yang berkaitan dengan perilaku yang akan terbentuk apabila dilaksanakan secara terus menerus dan baru dapat dirasakan dampaknya pada generasi selanjutnya, ujarnya.

Hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK
Kabupaten Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Wakil Ketua 1 TP-PKK Nuraini Lubis, para Kepala OPD terkait, Para Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus, Para Ketua, Ketua Pokja, dan segenap pengurus PKK Kabupaten.

BACA JUGA :   Zabidi Yakub Menangkan Sayembara Menulis Puisi Berbahasa Lampung DKL

(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *