oleh

Pelajar SMK Nurul Huda dapat pelatihan ilmu jurnalistik dari PWI Pringsewu

PRINGSEWU, PL– Puluhan siswa SMK Nurul Huda Pringsewu mendapat pelatihan jurnalistik dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat. Selain ilmu jurnalistik, para siswa juga di bekali tentang undang-undang Pers.

Pada pelatihan yang digelar di Aula SMK Nurul Huda Pringsewu, Sabtu (21/01/23), yang diikuti 50 siswa dari kelas X dan XII ini, disampaikan materi berkaitan dengan Dasar-dasar Jurnalistik, Kode Etik Jurnalistik (KEJ), tupoksi wartawan serta sejarah singkat pers oleh sejumlah narasumber dari PWI Kabupaten Pringsewu, diantaranya Tutor Manalu, Wahyu Giri Wiladatika, Agus Purnomo, Solihin dan Reza.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Nurul Huda Pringsewu Lailatul Rohmah, S.Kom. didampingi Guru Mata Pelajaran PKN, Mailan Bastari, S.Pd. mengatakan tujuan dari kegiatan pelatihan jurnalistik bagi siswa adalah agar mereka mengenal lebih dekat profesi jurnalis atau wartawan serta mengetahui dasar-dasar jurnalistik, sekaligus mengembangkan kemampuannya dalam bidang tulis-menulis. “Selain itu, melalui pelatihan ini diharapkan para siswa memperoleh wawasan dan pengalaman serta inspirasi, di samping dapat meningkatkan minat baca dan menulis para siswa itu sendiri,” harapnya.

Harapan senada, juga disampaikan Bendahara PWI Kabupaten Pringsewu Solihin, mewakili Ketua PWI setempat Agus TW, dimana melalui pelatihan dan sosialisasi ini para siswa bisa mengetahui bagaimana cara menulis berita sederhana, yang memenuhi unsur 5W1H.

“Serta dapat mempraktekannya dengan membuat karya tulis,” ujarnya.

Widodo