oleh

Bupati Tanggamus Sampaikan Sambutan Menteri Agama Republik Indonesia

KOTA AGUNG, PL– Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Amal Bakti Ke-77 Kementerian
Agama RI Tahun 2023.

Acara berlangsung di Lapangan Merdeka Pekon Kuripan Kecamatan Kotaagung, Selasa (3/1/2023).

Hadir juga Kejari Tanggamus Yunardi, SH., Staf Ahli Bupati, OPD terkait, Kepala Kemenag Tanggamus, Camat Kotaagung, Lurah, Babinkamtibmas, Babinsa, Jajaran Kemenag Tanggamus, Ketua dan Pengurus BP4 Kabupaten Tanggamus, Kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus, Para Kepala Sekolah dan Guru MI Negeri, MTS Negeri se-Kabupaten Tanggamus.

Dalam sambutannya Bupati Dewi Handayani menyampaikan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Pada Peringatan Hari Amal Bakti Ke-77 Kementerian Agama RI Tahun
2023.

“Diawal tahun, tepatnya hari ini, Selasa, 3
Januari 2023, keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77. Kita diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946. Lalu, kita sebagai generasi penerus Kementerian Agama, sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kementerian Agama atau belum,” ucapnya.

Selain itu, pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, ia mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat.

“Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia,” katanya.

Masih katanya, melalui peringatan HAB ke-77 ini juga mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi.

“Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harap Dewi.

Selanjutnya, sebagaimana tahun sebelumnya, sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Kementerian Agama tahun ini kembali mengajukan kepada Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada
10.073 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama. Permohonan itu telah dikabulkan pada Hari Amal Bakti ke-77 ini, atas nama Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya
Satya 30 tahun kepada 936 orang, 20 tahun kepada 2.860 orang, dan 10 tahun kepada 6.277 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama, Ujarnya.

Dalam kesempatan upacara Peringatan HAB ini diberikan juga secara simbolis penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 106/ TK/Tahun 2022 kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, undang-undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian terus menerus paling singkat 10 20 dan 30 tahun.

Denny