oleh

SD Fransiskus 1 Tanjungkarang, Gelar Helat “Panen Karya”

BANDAR LAMPUNG, PL– SD Fransiskus 1 Tanjungkarang menggelar helat seni bertajuk : “Panen Karya”. Kegiatan seni yang mengusung tajuk Binekha Tunggal Ika dan Kearifan lokal ini digelar di Halaman SD Fransiskus 1 Tanjungkarang, Bandar Lampung, 17 – 18 November 2022 lalu. Kegiatan ini berlangsung semarakdan disambut antusias baik oleh siswa maupun wali murid.

Ketua Yayasan Dwi Bakti Bandar Lampung, Sr.M.Editha FSGM mengatakan sangat bangga dan bersyukur dengan kegiatan yang berlangsung dengan meriah dan apik.

Menurut Sr.M.Editha FSGM rangkaian acara Panen Karya yang digelar pihak sekolah inimerupakan penerapan Projek Penguatan profil Pelajar Pancasila (P5) di dalam Kurikukum Merdeka yang bertujuan untuk membentuk karakter para peserta didik yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang ada dalam Kurikukum Merdeka. Sedangkan tujuannya untuk membentuk karakter para peserta didik yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Pada semester ini, lanjut Sr.M.Editha, SD Fransiskus 1 Tanjungkarang mengusung tema Binekha Tunggal Ika dan Kearifan lokal. Tema ini dibagi ke dalam beberapa kelas atau fase. Kelas 1-3 mengusung tema Bhineka Tunggal Ika yang dengan menampilkan dengan sajian yang khas Nusantara. Sedangkan untuk kelas 4 – 6 dalam acara Panen Karya ini mengusung tema Kearifan Lokal.

“Kedua pementasan ini merupakan bentuk pengejawantahan dari butir-butir Pancasila yang penuh nilai filosofi, nilai persatuan juga keberagaman dan kearifan lokal,” tandas Sr.M.Editha.

Ditambahkannya, kegiatan Panen Karya ini juga sangat positif dampaknya, selain memupuk bakat dan kreativitaspeserta didik juga membangun komunikasi komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan wali murid. Dalam pementasa Panen Karya ini orangtua murid dengan intens terlibat. Nampak terlihat jalinan kerjasama yang baik antara para orang tua dan pihak sekolah dalam mempersiapakan acara ini.

Sementara itu, Desi Susanti, S.Kom, salah satu guru pembina kesenian yang membimbing dan mempersiapkan para murid untuk tampil dalam helat “Panen Karya” ini mengaku bangga dan puas.

Adapun materi yang disajikan ; Menyanyikan Lagu Daerah Nusantara (Kelas 1), Menari Lagu Daerah Nusantara (Kelas 2), membuat Miniatur Rumah Adat (Kelas 3), Menyanyi Lagu-lagu Daerah Lampung (Kelas4), Menari Tari Daerah Lampung (Kelas 5) dan Membuat Makanan Khas Daerah Lampung ( Kelas 6).

Para siswa didukung para orang tua murid tampil dengan menarik dan ciamik. Para siswa didukung dengan kostum yang rancak dari berbagai daerah di atas panggung tampil memukau. Apalagi pada pamuncak gelaran mereka melantunkan lagu Profil Pelajar Pancasila yang penuh makna yang mendalam.

“Semoga ke depan SD Fransiskus 1 tetap setia mengakarkan fondasi karakter kepada peserta didik demi mencetak generasi bangsa berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan,” harap Desi Susanti.

Para wali murid yang hadir dan mendukung kegiatan helat seni “Panen Karya” yang ditaja SD Fransiskus 1 kali ini juga merasa senang dan bangga. “Mudah-mudahan kegiatan ini ke depan ada lagi.Rasa lelah yang ada terbayar dengan penampilan anak-anak yang bagus,” ujar mamanya Alvin salah satu penampil.

 

(*)