oleh

Cegah Polio, Diskes Bandar Lampung Lakukan Sweeping Imunisasi Pada Balita

BANDAR LAMPUNG, PL– Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Bandar Lampung melakukan sweeping imunisasi lengkap kepada balita untuk mencegah polio yang bisa membuat anak lumpuh seumur hidupnya.

Plt Kepala Diskes Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri menjelaskan belum ada kasus polio di Kota Tapis Berseri ini. Terbukti sampel lumpuh layu yang dikirimkan ke Diskes Provinsi Lampung hasilnya negatif.

“Di Kota Bandar Lampung alhamdulillah tidak ada. Lumpuh layu yang ditemukan bukan polio,” kata Desti Mega Putri, Senin (21/11/2022).

Cakupan imunisasi dasar dan rutin lengkap sudah baik. Bahkan saat BIAN sudah dilakukan vaksin polio tetes dan polio suntik untuk balita.

“Selain memasifkan vaksin, kita juga melakukan surveilans aktif penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (campak, difteri, polio) dan mengirimkan sampel ke Diskes Provinsi Lampung,” ujarnya.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengaku sudah mengumumkan kepada puskesmas untuk mengimbangi masyarakat untuk menjaga balitanya mulai dari rahim.

“Kebutuhan asupan gizi anak harus terpenuhi, dan vaksinasi polio juga harus dilakukan. Nantinya 2023, akan dianggarkan Rp2,5 miliar untuk pemenuhan gizi anak,” jelasnya.

(*)