oleh

PWI Tanggamus Gelar Konkerkab Terpisah dari Konferkab

KOTA AGUNG, PL–Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tanggamus menggelar Konferensi Kerja Kabupaten (Konkerkab), Kamis (29/9) di gedung PKK Kabupaten Tanggamus, kompleks perkantoran Pemkab Tanggamus. Ini merupakan Konkerkab pertama yang dilaksanakan terpisah dari Konferensi Kabupaten (Konferkab).

Hadir dalam kegiatan, Wakil Ketua PWI Lampung Bidang Organisasi, Eka Setiawan, Wakil Ketua PWI Lampung Bidang Kesra, Elkana Rio Adil,Koordinator Hubungan Kabupaten Kota, Lukmansyah, Ketua PWI Tanggamus M.Irwan, Kepala Diskominfo Kabupaten Tanggamus Edi Narimo dan jajaran pengurus PWI Tanggamus.

Ketua PWI Tanggamus, M.Irwan dalam sambutannya mengatakan, Konkerkab PWI Tanggamus masa bakti 2019-2022 merupakan momentum tepat untuk mengevaluasi tentang program-program yang telah dilaksanakan maupun yang belum. Hal ini guna menjadi bahan untuk pelaksanaan program yang akan datang.

“Saya selaku Ketua PWI Tanggamus mengharapkan agar teman-teman Pengurus PWI Tanggamus untuk senantiasa dapat meningkatkan kinerja bagi lembaga kita, dengan meningkatkan nilai perjuangan dan kebersamaan sesama anggota PWI, khususnya di Tanggamus,” kata Irwan.

Dalam kesempatan tersebut M. Irwan mengucapkan terimakasih kepada PWI Provinsi Lampung beserta rombongan yang telah turut serta membimbing dan mensukseskan kegiatan Konkerkab. Begitu juga dengan rekan-rekan pengurus PWI Tanggamus dan segenap panitia.

“Kami ucapkan ribuan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemkab Tanggamus beserta jajarannya, Tim Penggerak PKK Tanggamus dan rekan-rekan panitia yang telah banyak mendukung kegiatan Konkerkab sehingga berjalan dengan sukses,” pungkas Batin Irwan sapaan akrab Ketua PWI Tanggamus.

Sementara Ketua PWI Provinsi Lampung dalam sambutannya yang diwakili Wakabid Organisasi, Eka Setiawan mengatakan bahwa Konkerkab merupakan amanat dari peraturan dasar, peraturan rumah tangga (PD/PRT) pasal 16 dan pasal 35 dimana Konkerkab dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu periode.

“Dalam Konkerkab ini, jajaran PWI Kabupaten Tanggamus menyusun buah pikiran apa saja, untuk dilaksanakan oleh pengurus periode berikutnya sehingga kerjanya tidak serampangan, program berjalan berdasarkan program yang telah disusun secara musyawarah dalam forum resmi,” ujar Eka.

Dalam kesempatan itu, Eka juga memuji PWI Tanggamus yang dinilai aktif dalam menjalankan roda organisasi.”Citra PWI Tanggamus ini sudah baik, maka dari itu harus dipertahankan, tetap mempertahankan kepercayaan dari mitra strategis dan wartawan PWI harus mengedepankan profesionalitas dalam setiap karya jurnalistiknya,” ujar Eka.

Kendati demikian, Eka juga meminta kepada jajaran PWI, untuk tetap memberikan kritik kepada pemerintah daerah. Kritik disini dalam artian kritik membangun.”Walaupun mitra, PWI harus tetap memberikan kritik konstruktif, artinya dalam kritik tetap harus ada saran yang sifatnya membangun,” pesan Eka.

Kepala Diskominfo Tanggamus, Edi Narimo, mengapresiasi pelaksanaan Konkerkab PWI Tanggamus, menurut dia, PWI selaku organisasi profesi wartawan tertua di Indonesia merupakan mitra strategis pemerintah daerah, untuk mengakselerasi program pemerintah daerah dan mengedukasi masyarakat khususnya dalam pemberitaan program pembangunan dan informasi publik lainnya sesuai dengan kaidah kode etik jurnalistik.

“PWI adalah organisasi wartawan tertua di Indonesia maka dari itu, harus menjadi pelopor bagi organisasi lainnya. Sebab wartawan yang ada di dalamnya betul-betul handal dan kompeten, sehingga bisa ikut membangun republik ini lebih baik kedepannya,” kata Edi Narimo.

(*)