oleh

Bupati Resmikan Kantor BPR Syariah Tanggamus di Kota Agung

TANGGAMUS, PL– Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani meresmikan Kantor BPRS (Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah) Tanggamus, di jl, Ir, H.Juanda No. 5 kelurahan Kuripan kecamatan kota agung, Rabu (28/10/22).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM Syafi’i, Komisaris, Dewan Pengawas, Direksi dan pegawai PT BPR Syariah Tanggamus, Forkopimda Kabupaten Tanggamus atau yang mewakili, Kepala OPD Kabupaten Tanggamus, Camat dan Uspika Kecamatan Kotaagung, serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Dewi Handajani, dalam sambutannya Pada kesempatan ini, Saya, atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, mengucapkan SELAMAT dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta menyambut baik atas dibukanya Kantor Baru PT. BPR Syari’ah Tanggamus di Jalan Ir. Juanda Kelurahan Kuripan Kecamatan KotaAgung, mudah–mudahan dengan kantor baru ini, BPRS Tanggamus akan semakin maju, mengembangkan potensinya, lebih strategis karena letaknya yang memudahkan masyarakat melakukan transaksi pelayanan perbankan, serta yang paling utama bagi kami adalah semakin berkontribusi bagi PAD dan kemajuan ekonomi Kabupaten Tanggamus.

 

 

Pemda Tanggamus sangat memahami, BPR Syariah Tanggamus sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karenanya Pemda mendukung terus pengembangan potensi Usaha dari BPRS Tanggamus guna menghadapi persaingan di dunia perbankan Kami selaku pemilik merasa berkewajiban untuk membesarkan dan mengoptimalkan BUMD yang kami miliki.

Terdapat beberapa aksi Pemda Tanggamus yang akan dan sedang dijalani oleh PT. BPRS Tanggamus diantaranya yaitu
– Pegadaian Syariah dan Simpanan Pelajar (SIMPEL).
– Program tabungan pelajar diharapkan dapat membentuk karakter anak-anak di Tanggamus agar gemar menabung.

Upaya Gemar Menabung juga merupakan salah satu program pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Diharapkan anak-anak kitamulai dari kelompok pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai dengan SMP akan gemar menabung.

Keberlangsungan lini bisnis perusahaan jasa keuangan bank, tak boleh lepas dari peran nasabah. Pengembangan “pasar” merupakan mutlak harus ada
dalam rencana pengembangan lembaga keuangan seperti BPRS Tanggamus ini. Jumlah Nasabah BPRS Tanggamus harus dapat meningkat setiap tahunnya.

Apalagi dengan dilangsungkannya kerjasama dengan Sekolah, maka jumlah Nasabah Pelajar otomatis akan bertambah banyak, yang otomatis dana kapital akan dapat diraih dan semakin banyak, sehingga dengan manajemen yang baik, angka pembiayaan bagi masyarakat dan dunia usaha juga akan dapat ditingkatkan, sehingga profit keuntungan akan berpotensi bertambah. Artinya Pemda juga akan kebagian yaitu PAD meningkat.

Kami menyadari bahwa, dalam bidang permodalan kita masih sangat terbatas dibanding dengan Bank lain. Namun saya berbangga hati bahwa BPRS Tanggamus masih dapat berkontribusi terhadap peningkatan PAD Pemda Tanggamus walaupun BPRS Tanggamus menghadapi persaingan yang semakin ketat, adanya berbagai kendala BPRS masih dapat membukukan laba, sehingga dapat memberikan konstribusi kepada pemegang saham berupa dividen dan saat ini pun BPRS Tanggamus telah membuka Cabangnya yaitu di Kabupaten Pringsewu.

Beliau berharap dengan adanya kantor pusat BPRS Tanggamus, akan semakin mengembangkan pasar, lebih dekat dengan masyarakat Kotaagung dan sekitarnya, serta semakin memudahkan masyarakat Tanggamus yang melakukan transaksi di Kotaagung.

“Melalui kehadiran Kantor BPRS Tanggamus di wilayah kota agung ini, kiranya juga bisa menjadikan BPRS lebih dekat dengan masyarakat sehingga menjadi Bank pilihan seluruh nasabah dan stakeholder, yang membantu perekonomian kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya bagi pedagang kecil maupun pedagang menengah,” kata Bupati.

“Saya berharap dengan dorongan serta perhatian kita semua dalam membina dan mengembangkan BPRS Tanggamus, maka kita harapkan kedepan BPRS Tanggamus dapat terus maju dan berkembang mampu bersaing secara sehat dengan bank-bank lain, sehingga menjadi kebanggaan kita semua khususnya masyarakat Tanggamus,” ucap Bupati.

Bupati juga berharap kepada jajaran Direksi dan karyawan PT BPRS Tanggamus, agar terus meningkatkan kinerjanya, sehingga penghargaan yang pernah diraih, dapat kembali diraih dimasa yang akan datang,” tandasnya.

Peresmian sendiri ditandai dengan menghidupkan sirine, penandatanganan batu nisan oleh Bupati Tanggamus, pengguntingan pita oleh Bupati Tanggamus sekaligus meninjau kondisi kantor yang baru. Selain itu dilakukan juga pemberian buku tabungan kepada anak murid sekolah SMP, Gerobak UMKM kepada pedagang kecil yang ada diwilayah kota agung.

(Adv)