Dinas Peternakan Tuba Tak Punya Stok Vitamin Tangani PMK, 9 Sapi dijual Murah dan 4 Kerbau Mati

Tulang Bawang109 Dilihat

TULANG BAWANG, PL– Peternak mulai khawatir terpapar virus mematikan PMK, Kamis (04/08/2022).

Peternak kambing di Tiyuh Candra II Jaya, Tulang Bawang Tengah, Siti bahkan menanyakan vaksin bantuan pemerintah. Ia terpaksa menjual murah sapi peliharaan.

“Kambing milik saya ada 12 ekor terkena penyakit diduga PMK. Bulunya mulai rontok. 9 ekor terpaksa saya jual murah. Sisa 3 ekor, disuntik oleh mantri hewan, 1 ekor biayanya 50 ribu, ke mana vaksin bantuan pemerintah itu?” Tanya siti.

Pemilik kerbau, Epredi juga mengatakan satu persatu empat ekor kerbaunya mati. Diduga terjangkit PMK. Kamis malam saat berita ini disiarkan juga ada kerbau yang enggak sanggup berdiri.

“Saya khawatir 22 ekor kerbau saya bisa mati,” kata Epredi.

“Saya berharap Dinas peternakan Tuba segera turun melakukan vaksinasi semua kerbau milik saya,” harap Epredi.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tulang Bawang, Nasib Subagio mengatakan, hewan yang terjangkit akan mati bila divaksinasi.

“Sementara hanya bisa disuntik vitamin kerbau. Namun dinas peternakan belum memiliki stok vitamin yamg dibutuhkan itu,” kata Nasib Subagio.

Pihak Dinas terkait akan terjun ke lokasi untuk memberi penanganan menggunakan obat herbal, sekaligus mengambil sample guna uji laboraturium.

(gun)

BACA JUGA :   Bentuk Perhatian dan Dukungan Keseriusan Pengamanan Babinsa Koramil 426-03 Rawa Jitu Turut Dampingi Posyandu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *