oleh

Alat Skrining Gratis Untuk Masyarakat

BANDAR LAMPUNG, PL– Pemerintah Kota (pemkot) menyiapkan 3 unit GeNose C 19. Alat skrining virus corona tersebut untuk masyrakat setempat secara gratis.

Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana mengatakan saat ditemui, Senin (28/6).

Bagi masyarakat Bandar Lampung yang ingin tes GeNose, ujar dia, bisa datang ke satu atap di pelayanan Disdukcapil di sebelah kanan itu, dan gratis.

Ia menambahkan bahwa pelayaman GeNose tidak hanya di gedung satu atap.

“Tapi, ada dua titik lagi yang disediakan untuk melakukan skrining Covid-19 ersebut,” jelas Walikota yang akrab disapa Bunda Eva itu.

Ketiga titik itu, sebutnya, yaitu di RSUD A. Dadi Tjokrodipo, Dinas Kesehatan Bandar Lampung, dan Disdukcapil; gedung pelayanan satu atap.

Walikota berharap pemkot bisa membeli lebih banyak lagi unit GeNose untuk memudahkan masyarakat.

“Mudah-mudahan kita bisa beli lebih banyak lagi. Kita taruh di tempat-tempat ramai, insya Allah rencananya taruh di pasar-pasar,” kata Bunda Eva.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung, Edwin Rusli mengatakan bahwa untuk saat ini pihaknya menyiapkan 3.000 kantong napas untuk 3 titik tersebut.

Untuk teknisnya, dia mengatakan, mulai dari penyediaan kantong napas hingga kepada siapa targetnya,  itu tergantung dari instansinya.

“Misalnya apakah hanya dilakukan tes kepada yang dicurigai saja atau semua bisa lakukan GeNose. Kalau di rumah sakit biasanya kita yang sediakan alat, untuk kantong napasnya mereka yang menyediakan,” ujarnya.

Dijelaskan Edwin, jika hasil GeNosenya ada yang positif maka isolasi mandiri. Namun yang ada gejala akan diserahkan ke puskesmas atau rumah sakit.

“Di sana manti yang menentukan harus Tes Antigen atau PCR dulu,” katanya. 

PL 03