oleh

Bupati Tanggamus Dukung Program DP3

Tanggamus, PL –- Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, mendukung program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3).

Hal tersebut dikatakannya saat audiensi KPU Provinsi Lampung bersama KPU Kabupaten Tanggamus dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus, Jumat (25/6).

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Tanggamus dihadiri Bupati Tanggamus beserta jajaran, Anggota KPU Provinsi Lampung, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Tanggamus.

Anggota KPU Provinsi Lampung Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Antoniyus Cahyalana, menyampaikan bahwa DP3 merupakan program pendidikan pemilih kepada masyarakat secara berkesinambungan yang dilaksanakan secara Nasional dari KPU RI.

“Setiap provinsi dipilih dua lokus berdasarkan kriteria yang ditetapkan yaitu Daerah Rawan Konflik Bencana, Daerah Potensi Pelanggaran Pemilu Tinggi atau Daerah Partisipasi Rendah,” katanya.

Ditambahkan Antoniyus, di Provinsi Lampung sendiri telah dipilih Kabupaten Tanggamus sebagai lokus dengan kriteria Daerah Partisipasi Rendah yaitu di dusun 4, Pekon Gunung Kasih, Kecamatan Pugung dengan Partisipasi 42,79% dan di dusun 4, Pekon Sukabanjar, Kecamatan Gunung Alip dengan partisipasi 49,46%.

“Kami berharap dengan adanya audiensi ini Pemerintah Daerah memberikan dukungan dalam bentuk MOU dan hadir saat peluncuran program, serta dapat melakasanakan kegiatan serupa di Desa-desa lain di Kabupaten Tanggamus,” ungkap Antoniyus.

Sementara itu Bupati Tanggamus menyambut baik dan mendukung program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan serta siap melaksanakan MOU dengan KPU. Beliau mengucapkan terimakasih telah memilih Kabupaten Tanggamus sebagai pilot project program Nasional DP3.

“Saya berharap dengan diadakannya program DP3 dapat meningkatkan Partisipasi Pemilih di Kabupaten Tanggamus,” kata Bupati Tanggamus itu.
 
Masih kata Dewi Handayani, Pemerintah Tanggamus juga siap menduplikasi Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan dengan menambahkan kreasi inovasi kearifan local tanggamus.

(*)