Hendra Wijaya Mega Sertai Pejabat Bupati Tanggamus dalam Advokasi Program Kesehatan di Kementerian Kesehatan RI

PANTAU LAMPUNG– Ir. Mulyadi Irsan, S.T., M.M, pejabat Bupati Tanggamus, memimpin rombongan dalam kunjungan kerja ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta pada Selasa, 16 Januari 2023. Tim tersebut diterima oleh dr. Aswan Usman M. Kes, Direktur Fasilitasi Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI.

Kunjungan ini dilakukan guna menyampaikan program usulan pembangunan laboratorium kesehatan di wilayah Tanggamus, pembangunan Puskesmas rawat inap di Pulau Tabuhan, Kecamatan Cukuh Balak, dan rehabilitasi fasilitas sarana prasarana RSUD Batin Mangunang.

Pejabat Bupati Tanggamus tidak bergerak sendirian; ia ditemani oleh Kepala Bapperida Hendra Wijaya Mega, Kadis Kesehatan Tuafik Hidayat, dan Direktur RSUD Batin Mangunan Theresia Hutabarat.

 

BACA JUGA :   Pekon Banjarmasin Resmi Lantik 42 Anggota KPPS

Dalam pertemuan tersebut, Pejabat Bupati menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk memberikan layanan kesehatan maksimal dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor kesehatan agar menjadi kompeten, unggul, dan bersaing.

“Upaya pemetaan yang terus dilakukan oleh dinas kesehatan dan rumah sakit bertujuan memberikan layanan terbaik di bidang kesehatan,” ucap Pejabat Bupati.

Sasaran utama dari usaha ini adalah memastikan pelayanan kesehatan di lapangan, termasuk di puskesmas posyandu dan puskesmas pembantu, dapat mencakup 653.000 jiwa.

BACA JUGA :   Geger! Jasad Perempuan Ditemukan di Saluran Irigasi di Way Jepara

Dengan penuh semangat, Pejabat Bupati mengungkapkan bahwa dari 20 kecamatan dan 24 puskesmas, ada satu pulau yang menjadi terdepan, terpinggir, dan terluar, yaitu Pulau Tabuhan, yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

Masyarakat Pulau Tabuhan, yang harus menggunakan perahu untuk mencapai layanan kesehatan, menyampaikan aspirasi mereka terkait infrastruktur kesehatan yang masih belum maksimal. Secara bersama-sama, mereka mengajukan permohonan ini kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus, dengan semangat dan harapan besar.

Masyarakat Pulau Tabuhan telah menyiapkan lahan seluas 2500 meter persegi untuk proyek tersebut sebagai respons terhadap kondisi saat ini di mana layanan kesehatan terbatas.

Pejabat Bupati menambahkan bahwa meskipun fasilitas pendidikan seperti SMK, sekolah dasar, dan SMP telah diterima, bidang kesehatan masih menunggu perhatian lebih lanjut.

BACA JUGA :   Tiga Anak dari Tiga Keluarga di Tanggamus Digigit Anjing Liar

“Ini menjadi kendala kami di bidang kesehatan, dan harapan besar kami adalah agar Puskesmas Rawat Inap dapat segera terpenuhi,” ungkapnya.

Pejabat Bupati juga menegaskan bahwa harapan selanjutnya adalah terwujudnya usulan pembangunan laboratorium kesehatan di wilayah Tanggamus serta rehabilitasi fasilitas sarana prasarana RSUD Batin Mangunang.

Dengan tekad yang bulat, Pemerintah Kabupaten Tanggamus bertekad menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama demi kesejahteraan masyarakat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *