oleh

Sekretaris PWI Lamtim Bakal Maju Pada Pilkades PAW

LAMPUNG TIMUR, PL– Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Timur Khairuddin bakal maju pada Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (Pilkades PAW) 2023.

 

 

Saat dihubungi sejumlah awak media, mantan jurnalis senior Lampung Post yang kini mengabdi di Helo Indonesia.com mengatakan, dirinya akan maju pada Pilkades PAW Desa Labuhan Ratu II Kecamatan Way Jepara 2023, disebabkan Husban, Kades defenitif tiga periode mengundurkan diri karena mencalonkan diri jadi Bakal Calon Legeslatif (Bacaleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) pada Pemilu 14 Pebruari 2024 mendatang. Pada periode ketiga tersebut, masih tersisa waktu dua tahun atau berakhir 2025 mendatang.

Karena Kades Husban mengundurkan diri, maka Camat Way Jepara atas nama Pemkab Lampung Timur menerbitkan keputusan (SK) Nomor: 414.3/15/SK/107.Kec/2023 tanggal 22 Mei 2023 tentang pengangkatan pelaksana harian ( Plh) kepala desa, Desa Kabuhan Ratu II Kecamatan Way Jepara.
“Di SK yang ditandatangani Raden Baruna Jaya, Camat Way Jepara menunjuk Wignyo Susanto yang juga sebagai sekretaris desa ditunjuk sebagai Plh Kades Labuhan Ratu II,” ujar Khairuddin, Kamis (25-5).

Wartawan senior di Lamtim itu menjelaskan, Wignyo Susanto sebagai pelaksana harian, akan menjabat sebagai kades paling lama dua bulan. Selama dua bulan itu, bersangkutan selain menjalankan roda pemerintahan desa, juga ditugaskan menyiapkan agenda seperti membentuk panitia pilkades PAW serta mendata jumlah calon pemilih.
“Dari keterangan Mas Wignyo, pada Pilkades PAW, jumlah pemilih sekitar seratus warga dan pamong termasuk BPD tidak ada hak untuk memilih,” terang Khairuddin.

Oleh sebab itu,kata dia, karena tenggat waktu masih tersisa dua tahun, dirinya berniat akan mencalonkan diri pada pilkades dimaksud.

“Kepada warga Desa Labuhan Ratu Dua, saya mohon doa restu dan mari kita pupuk tali kekeluargaan dan kebersamaan,” pungkas Khairuddin.

Sementara itu, Plh Kades Labuhan Ratu II Wignyo Susanto membenarkan jika dirinya selama ini sebagai Sekdes saat ini ditetapkan sebagai pelaksan harian kades.

“Saya sebagai Plh Kades paling lama dua bulan. Selama dua bulan, saya akan menyiapkan agenda Pilkades PAW,” ujar Wignyo sambil menunjukkan SK pelaksana harian.

Pada Pilkades PAW, kata dia, semua warga Desa Labuhan Ratu II yang telah memenuhi syarat punya hak yang sama mencalonkan diri. Tapi, yang akan memilih bukan pamong desa seperti Kaur, BPD, Kadus atau Ketua RT. Pemilihnya berasal dari unsur tokoh masyarakat, tokoh agama, kaum perempuan dan tokoh pemuda.
” Saya berharap pada Pilkades PAW berjalan lancar, aman dan demokratis,” pungkasnya.

(Asir)