oleh

Pantau Arus Mudik & Ketersediaan Bahan Pokok, Penjabat Bupati Pringsewu Tinjau Pos Pelayanan & Pengamanan Serta Pasar Tradisional

PRINGSEWU, PL– Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah meninjau sejumlah titik di wilayah ibukota Kabupaten Pringsewu dalam rangka melihat dari dekat dan melakukan pemantauan kesiapan sarana dan prasarana serta personel di Kabupaten Pringsewu terkait arus mudik Idulfitri 1444 H.

Beberapa titik lokasi yang ditinjau, Selasa (18/04/24), diantaranya Pos Pelayanan Terpadu yang berada di Rest Area KM 37 Jalan Lintas Barat Sumatera, Kabupaten Pringsewu. Kemudian Pos Dinas Perhubungan di Tugu Gajah serta Pos Pengamanan Lebaran di depan Pendopo Kabupaten Pringsewu. “Dari hasil pantauan, Pringsewu telah siap, baik fasilitas maupun personel, yakni Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD dan lainnya untuk menyambut dan melayani para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman masing-masing dalam rangka Idulfitri, baik yang sekadar melewati wilayah Pringsewu, transit maupun yang memang bertujuan ke Kabupaten Pringsewu,” ujarnya.

Adi Erlansyah didampingi Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya, Dandim 0424 Letkol Inf. Vicky Heru Harsanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs.Masykur, M.M., Inspektur Andi Purwanto, S.T., M.T., Kadis Kominfo Hendrid, S.E., M.M., Kadishub Bambang Suhermanu, S.Sos., Kasatpol PP Ibnu Harjianto, S.Pd., M.M., Kepala Pelaksana BPBD Edi S.Pamungkas, S.Sos., Kadis Koperindag Malian Ayub, S.E., M.M., Kadis Sosial Dra.Titik P. Lestari, Kadis Pertanian Siti Litawati, S.P., Kadis Perikanan Debi Hardian, S.Pi. dan Plt Kadis Ketahanan Pangan Drs.Samsir Kasim, M.Pd.I. juga mengimbau para pemudik yang sedang menempuh perjalanan dan merasakan lelah atau mengantuk, agar dapat beristirahat dan memanfaatkan tempat yang telah disediakan, diantaranya yakni di Pos Pelayanan Terpadu Rest Area KM 37 Jalan Lintas Barat Sumatera.

Sejumlah fasilitas juga tersedia, seperti tempat parkir kendaraan, mushola dan toilet, pemeriksaan dan pelayanan kesehatan gratis oleh Dinas Kesehatan dan lainnya, termasuk mendapatkan informasi terkait arus mudik, seperti rute-rute alternatif jika terjadi kemacetan, lokasi bengkel, RS, SPBU dan sebagainya.

Selain memantau persiapan dan kesiapan arus mudik, Penjabat Bupati Pringsewu juga memantau ketersediaan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pringsewu, diantaranya Pasar Gadingrejo dan Pasar Induk Pringsewu. “Dari hasil pemantauan, barang kebutuhan pokok tersedia cukup dengan harga relatif stabil dan terkendali, seperti daging, ayam, telur, cabai, bawang merah dan barang kebutuhan lainnya,” ungkapnya.

(*)