Tanggamus Expo 2023 Resmi Ditutup

TANGGAMUS, PL– Bupati Tanggamus bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus menghadiri closing Serimoni atau penutupan Tanggamus Expo Tahun 2023 dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanggamus yang ke 26. Acara berlangsung di komplek Islamic Center Pekon Terbaya Kecamatan Kotaagung, Senin malam (20/3/2023).

Penutupan Tanggamus Expo ditandai dengan Pemukulan Gong atau Drumben oleh Bupati, Wakil Bupati, Porkofimpda ,dan jajaran.

Turut hadir juga Wakil Bupati Tanggamus Hi,AM. Syafii, Sekda Kab.Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, para Asisten dan staf ahli Bupati, para Kepala OPD Terkait, Kabag, Kepala kantor, Ketua TP PKK Tanggamus, Ketua Dharma Wanita, Ibu Bayangkari, Persit Chandra Kirana, Camat Se Tanggamus , Ketua TP PKK kecamatan, BUMN, BUMD, Unsur Vertikal, dan masyarakat setempat.

Dalam laporan ketua pelaksana Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis melaporkan, Tanggamus Expo 2023 merupakan salah satu dari beberapa rangkaian dalam rangka memeriahkan HUT ke-26 Kabupaten Tanggamus, adapun tema yang diusung adalah “Tanggamus Keren”.

Kegiatan Tanggamus Expo yang berlangsung dari hari Jum’at Tanggal 17 Maret 2023, hingga Senin malam ini Tanggal 20 Maret 2023 telah berjalan dengan baik dan lancar. Di ikuti sebanyak 113 stand, dengan rincian 43 stand Dinas/Badan/Kantor/ Instansi/BUMN/Swasta, 20 Stand kecamatan, dan 50 stand Swasta/Kuliner.

Sementara transaksi total yang didapat dari pelaksanaan Tanggamus Expo 2023 sampai Senin sore 20 maret 2023 telah mencapai angka, telah Rp.1.289.500.000 (Satu Milyar Dua Ratus Delapan Puluh Sembilan Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dengan jumlah pengunjung sekitar 32 ribu orang.

Animo masyarakat untuk berkunjung dan menyaksikan Tanggamus Expo ini pun cukup besar, hal ini dapat ditunjukkan dari ramainya masyarakat yang berbondong-bondong mengunjungi Stand Pameran dan menyaksikan berbagai hiburan mulai dari pembukaan hingga penutupan pada malam hari ini.

BACA JUGA :   PWI Tanggamus Audiensi Dengan Bupati Tanggamus

Besar nya animo masyarakat mengunjungi Tanggamus Expo ini berdampak positif bagi pedagang ataupun pengusaha UMKM yang berpartisipasi dalam pameran, hal ini terlihat dari produk-produk yang laku terjual. Transaksi perdagangan ini memberikan keuntungan baik bagi pedagang maupun masyarakat.

Tetap terjaganya situasi yang kondusif selama berlangsungnya pameran pembangunan ini telah menujukkan kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Tanggamus, khususnya Panitia, dengan pihak-pihak keamanan dan yang terkait, serta ketertiban para peserta Tanggamus Expo dan masyarakat luas.

Sambutan Bupati Tanggamus yang di sampaikan oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi,AM. Syafii menyampaikan, Sebagaimana kita ketahui bahwa sejak tanggal 17 Maret 2023 sampai dengan malam ini 20 Maret 2023, kegiatan Tanggamus Expo telah diselenggarakan. Melalui tema “Tanggamus Keren” diharapkan event ini akan mendorong meningkatnya volume investasi dan transaksi perdagangan di Kabupaten Tanggamus yang melibatkan industri besar, menengah dan kecil serta mengekspose keberadaan produk daerah. Selain itu juga diharapkan dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Kabupaten Tanggamus serta membuka peluang investasi di sektor pariwisata.

Kita patut bersyukur, seperti yang telah dilaporkan tadi oleh Ketua Panitia bahwa transaksi yang terjadi selama Tanggamus Expo ini mencapai lebih dari 1,3 Milyar Rupiah, terjadi peningkatan 5 kali lipat dibanding gelaran Tanggamus Expo terakhir di 2019 yang sebesar 260 juta rupiah, dengan pengunjung lebih kurang mencapai 32 ribu orang.

Ini merupakan suatu hal yang membanggakan dan saya harap untuk dapat terus ditingkatkan dimasa-masa yang akan datang, Antusiasme warga sungguh luar biasa menyaksikan rangkaian semarak Tanggamus Expo dari hari pertama sampai hari terakhir yang malam ini kita akan tutup.

Gelaran Expo ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku UMKM termasuk pedagang kaki lima, dan saya dengar dari satu pedagang lapak kaki lima menghasilkan omset 15 juta rupiah permalam, suatu hasil yang cukup menggembirakan bagi warga pekon dan kampung sekitar islamik center ini pun mendapat berkahnya, sebagai informasi sekelompok warga asli pedukuhan sekitar memanfaatkan lahannya untuk menjadi lahan parkir pengunjung, dan syukur Alhamdulillan yang membuat saya terharu adalah, hasil usaha parkir tersebut adalah untuk disumbangkan bagi pembiayaan pembangunan mushola pedukuhan yang ada diwilayah mereka.

BACA JUGA :   DPRD Tanggamus Gelar Rapat Paripurna Pelantikan Anggota Dewan PAW

“Saya merasa bahagia dan bangga bahwa gelaran Tanggamus Expo ini sangat bermanfaat, mampu berbuat banyak dan menghasilkan pendapatan bagi para pelaku UMKM dan pedagang yang berjualan di lingkungan Tanggamus Expo ini. Semoga gelaran Tanggamus Expo ini menghasilkan multiplier efect dengan bangkit dan berjayanya sektor UMKM kita, sehingga perekonomian dapat pulih kembali seperti masa-masa sebelum Pandemi Covid-19, Tanggamus Expo memang Luar Biasa, Tanggamus Expo Keren,” kata bupati.

Tanggamus Expo ini merupakan sebuah upaya positif yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam memberikan wadah bagi ter-eksposnya hasil pembangunan yang telah kita laksanakan. Berbagai hasil pembangunan dan potensi daerah telah dipamerkan oleh berbagai elemen di Kabupaten Tanggamus. Baik dari unsur OPD, BUMD, Swasta, Usahawan dan berbagai elemen masyarakat Tanggamus, dimana beberapa program pembangunan dan pemerintahan yang kita lakukan selama ini, telah mampu memberikan hasil yang berarti dan terukur, baik secara fisik maupun manfaatnya bagi kemajuan daerah dan kepentingan masyarakat luas.

“Tentunya saya berharap agar apa yang kita
lakukan ini akan mampu mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan. Disisi lain jika terdapat hal-hal yang dirasakan kurang berkenan, baik dalam hal pembangunan maupun pelayanan masyarakat, hendaklah itu dapat pula disampaikan kepada kami sebagi bahan instropeksi dan perbaikan pelaksanaan tugas yang kami emban pada masa yang akan datang,” tuturnya.

Akhirnya kepada para peserta Tanggamus Expo, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan peran sertanya dalam Tanggamus Expo ini dan Saya juga ucapkan Selamat Kepada Pemenang yang meraih penghargaan sebagai Stand Terbaik dan ter-favorit. Semoga melalui kegiatan Tanggamus Expo ini akan semakin memberikan kebaikan bagi kita semua dalam rangka memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus.

BACA JUGA :   Pj Bupati Tanggamus Salurkan Bantuan Beras di Pekon Rantau Tijang

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Piala Pemenang yang meraih penghargaan sebagai Stand Terbaik dan ter-favorit dan Pengundian nomor undian atau kupan yang hadiah utamanya adalah satu buah motor.

(Adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *