Gandeng Baznas, Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan di Air Naningan

TANGGAMUS, PL– Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani bersama dengan badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanggamus menyerahkan bantuan bedah rumah atas nama Sarmin warga Pekon Kedaloman, Kecamatan Airnaningan, Senin (13/2).

Bupati didampingi Ketua Baznas, Ibnu Nizar, Camat Gunung Alip, Ilham Nurmay, Kakon Kedaloman Torison, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Bupati menyampaikan bantuan bedah rumah sekaligus sembako kepada mustakhik tersebut bersumber dari zakat, baik dari aparatur sipil negara (ASN) maupun masyarakat untuk dikelola oleh Baznas, lalu kemudian disalurkan melalui berbagai program, baik itu bedah rumah, sembako, maupun untuk mendorong perekonomian, kesehatan, pendidikan serta pelatihan.

“Ini adalah sinergitas yang baik, melalui program ini semakin banyak masyarakat kita terbantu. Dan juga banyak masyarakat kita sudah masuk dalam nizabnya berzakat, insyallah tergerak hatinya untuk berzakat, karena ini tujuannya juga untuk membersikan harta kita, karena sebagian harta juga adalah milik masyarakat yang membutuhkan,” kata Bupati.

Ketua Baznas Tanggamus, Ibnu Nizar menambahkan, sebelum bantuan diserahkan kepada penerima.

Baznas telah lebih dahulu melakukan survei, yang mana menurut Ibnu Nizar program bedah rumah tersebut merupakan sosial kemanusiaan dan Sarmin warga Pekon Kedaloman ini merupakan salah satu penerima yang termasuk didalam delapan asnaf.

“Maka segera kita putuskan, bersama dengan kepala pekon bekerja sama untuk membantu rumah milik pak Sarmin ini, dengan tempat tinggal yang nyaman dan juga layak, besaran bantuan yang diberikan Rp 15 juta rupiah, untuk pembangunannya kita sudah MoU dengan pekon untuk mengkoordinir kepala tukang dengan waktu maksimal satu bulan,” terangnya.

Camat Gunung Alip, Ilham Nurmay mengatakan dirinya bersyukur dengan program bedah rumah dari Pemkab bekerja sama dengan Baznas. Yang mana menurutnya program tersebut sangat membantu masyarakat yang memiliki rumah yang tidak layak.

BACA JUGA :   Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Rapat Paripurna dengan Presiden Joko Widodo

“Saya juga mengimbau kepada kepala pekon, khususnya di Kecamatan Gunung Alip. Untuk lebih kooperatif kepada masyarakat yang rumahnya tidak layak huni, untuk segera menyampaikan kepada kecamatan yang nantinya akan ditindaklanjuti langsung kepada bupati, sehingga Baznas juga mudah melakukan pendataan bagi penerima,” ajaknya.

Kakon Kedaloman Torison, menyampaikan, dirinya atas nama warga penerima menyampaikan terimakasih kepada Bupati dan juga Baznas Tanggamus ata bantuan yang diberikan.

Ia juga mengatakan pekon dalam hal ini akan segera mengupayakan agar rumah tersebut dapat segera dibangun dan menjadi tempat tinggal yang layak huni.

“Dari awal kita sudah siapkan kayu, untuk persiapan segera dibedah rumah ini. Dan Alhamdulillah saat ini sudah ada bantuan, dan kekurangannya nanti akan kita upayakan, melibatkan seluruh elemen masyarakat kita, karena masyarakat kita jiwa kebersamaan dan gotong royong masih ada, insyallah dalam sebulan rumah ini selesai kita bangun,” tandasnya.

Sarmin, warga penerima mengatakan impian untuk memiliki rumah yang layak telah lama ia inginkan. Akan tetapi kesehariannya yang bekerja penggali lubang untuk menanam pisang serta buruh pupuk tidak mencukupi.

“Kalau hujan kadang kadang dirumah mertua yang letaknya dibelakang. Dengan adanya bantuan ini saya menyampaikan terimakasih kepada Bunda Dewi dan juga Baznas, semoga Allah membalas kebaikan yang telah diberikan ini,” tandasnya.

(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *