oleh

Bupati Berharap Madrasah Bisa Menjadi Sekolah Unggulan

TANGGAMUS, PL–

LIMAU, PL — Bupati Tanggamus Dewi Handayani berharap Madrasah dapat menjadi sekolah unggulan yang diminati masyarakat, bukan lagi sebagai sekolah pilihan kedua bagi anak-anak yang tidak diterima di sekolah umum.

“Madrasah harus bisa bersaing dengan sekolah-sekolah favorit yang setara,” ujar Bupati pada peresmian MTs An Nazar dan peringatan Maulid Nabi SAW 1444 H / 2022 di Limau.

Menurut Bupati, keberadaan MTs An-Nazar Limau merupakan bentuk kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia yang lebih maju, unggul, beriman, dan bertakwa kepada Allah swt serta mampu bersaing dalam kompetisi global.

Bupati juga berharap MTs An-Nazar Limau ini semakin berkembang dan keberadaannya memberikan manfaat dan maslahatan bagi umat serta masyarakat luas.

Menurut Bupati, Pemerintah juga tidak main-main dalam memajukan pendidikan, yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 31 ayat (1): Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran; ayat (2) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem
pengajaran nasional yang diatur dengan undang-undang.

Dari penjelasan pasal ini pemerintah memberikan petunjuk bahwa pemerintah mendapatkan amanat untuk menjamin
hak-hak warga negara dalam mendapatkan layanan pendidikan, selain itu pemerintah juga berkewajiban untuk
menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional.

   

Sementara itu, hadir pada peringatan Maulid Nabi Muhammad di antaranya Ustadz Khoirotu Alkahfi Qurun (dosen Institut Agama Islam An-Nur Lampung), Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, camat dan uspika Kecamatan Limau, kepala pekon dan aparat Pekon Badak, kepala SMK dan MTs An-Nazar Limau, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, jemaah pengajian, serta siswa-siswi MTs dan SMK An-Nazar.

Berkaitan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad, Bupati berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT sekaligus momentum untuk merenungkan kembali nilai-nilai kehidupan yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW guna mewujudkan masyarakat, bangsa dan negara yang akhlakul karimah melalui ajaran Agama Islam.

Akhirnya, Bupati mengajak masyarakat senantiasa menjaga suasana yang aman dan sejuk di Kabupaten Tanggamus, menjaga kebersamaan dan kekompakan sehingga sinergitas terjalin demi suksesnya berbagai program pembangunan di Bumi Begawi Jejama khususnya pembangunan dunia pendidikan. (adv)