oleh

Kelapa Muda Band Asal Lampung Tampil Bareng Jasper Blom di Erasmus Huis Jazz Music Concert

JAKARTA, PL– Erasmus Huis kembali menggelar Jazz Music Concert 2022 yang menyambangi kota Jakarta, Bandung dan Semarang. Kali ini dalam event bergengsi ini akan ditampilkan Jasper Blom Quartet dari Belanda dan Kelapa Muda Band asal Lampung. Jasper Blom Quartet dan Kelapa Muda akan tampil di Erasmus Huis (Jakarta), Kamis (06/10/2022) The Papandayan Hotel (Bandung), Sabtu (08/10/2022) dan Rajawali Semarang Cultural Centre (Semarang). Selasa (11/10/2022).

Jasper Bloom Quartet beranggotakan empat musisi jazz caliber internasional yang telah eksis selama 20 tahun main bersama. Pada konser ini Jasper Blom Quartet ini akan tampil dengan punggawa Jasper Blom (Saxopon), Jamie Peet (drum), Glenn Gaddum (bass), dan Reiner (bass).

Jasper Blom dikenal sebagai pemain saksofon tenor terkemuka dari kancah musik Jazz di Belanda. Selain itu juga dikenal sebagai solois ciamik dan dikenal di kawasan BeNeLux (Belgia, Nederland, Luxemburg).

Karya-karya Blom memiliki berbagai pengaruh gaya dan merupakan perpaduan dari melodi, ritme, dan harmoni yang ditawarkan dalam komposisi yang apik dan improvisasi.

Album teranyar Jasper Blom Quartet “Polyphony” merupakan hasil dari ketertarikan Blom dengan musik polifonik abad ke-15. Blom meyaniki musik Barat periode awal ini memiliki kualitas melodi yang luar biasa yang membuatnya sangat sederhana untuk dimainkan, namun juga sama menariknya dengan musik kontemporer.

Sedangkan Kelapa Muda Band merupakan kelompok jazz band berprestasi dan berbakat yang kini dimiliki Indonesia. Kelompok music asal Lampung ini berhasil membukukan prestasi memenangkan “The Papandayan Jazz Festival” tahun 2021. Grup band ini terdiri dari Samuel Song (bass), Yosaphat Song (drum), dan Abraham Song (gitar).

Kompetisi Jazz Internasional ini adalah kompetisi band jazz yang dilaksanakan secara virtual menggunakan platform Zoom Conference dan sosial media untuk menemukan talenta jazz baru dan membantu mengenalkan musisi jazz baru Indonesia.

Kompetisi ini merupakan rangkaian acara Road to The Papandayan Jazz Festival 2021 yang dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Saksofonis asal Belanda Ben Van Gelder, Dwiki Dharmawan, Eq Puradireja, Venche Manuhutu dan seniman senior Bandung, Hari Pochang.

Kelapa Muda Band sebagai pemenang pertama festival bergfengsi ini berkesempatan kolaborasi dengan musisi jazz Belanda yang diadakan oleh Erasmus Huis Jakarta. Kelapa Muda Band ini kemudian diundang ke Negeri Belanda dan berkesempatan tampil dalam event “Netherland Tour” bersama Jasper Blom Quartet manggung di sejumlah kota yaitu; Pothuys, Utrecht (07/09), Dizzi, Rotterdam (08/09), Alto, Amstrdam (09/09), Czar, Amsterdam (10/09) dan Tong Tong Fair – The Hague (11/09).