oleh

ISAI Walisongo Semarang Kembali Gelar Pameran Internasional dan Arsitektur

SEMARANG, PL-  Prodi Ilmu Seni dan Arsitektur Islam (ISAI) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo kembali akan menggelar pameran internasional seni dan arsitektur bertajuk  Metamorfosart #4. “Spiritualitas, Moderasi dan Perdamaian.”

Pameran internasional Metamorfosart #4 yang akan digelar di Galeri Nusantara, Kampus UIN Walisongo, Semarang yang akan dibuka Selasa (31/05/2022), pukul 9.00 WIB akan berlangsung hingga 10 Juni 2022. Selain gelaran pameran seni bertaraf internasional ini juga akan workshop mengusung tema “Seni Lukis Kaligrafi” pada 10 Juni 2022 sekaligus penutupan pameran Metamorfosart#4.

Menurut Abdullah Ibnu Thalhah dari ISAI UNI Walisongo pameran ini akan menaja 120 karya dari 31 negara, yaitu; Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Belgia, Brazil, Bulgaria, Chile, China, Columbia, Cuba, German, India, Iran, Iraq, Italia, Lithuania, Malasya, Mexico, Montenegro, Morocco, Myanmar, Norway, Romania, Rusia, Saudi Arabia, Turkey, Ukraina, United Kingdom, dan Amerika.

Lebih lanjut, Thalhah, mengatakan, kegiatan apresiasi karya seni ini akan menghadir berbagai ekspresi seni dwimatra seperti kartun, kaligrafi, sketsa, ilustrasi, drawing, lukisan, dan desain arsitektur karya seniman dari berbagai negara.

Kegiatan ini, imbuh Abdullah Ibnu Thalhah, bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kreativitas, mewujudkan ruang kreasi serta apresiasi seni dan arsitektur antar bangsa.

‘Metamorfosart kali ini, beber Thalhah, akan memamerkan 120 karya dari 31 negara. Karya-karya yang digelar dalam pameran ini dikurasi para dewan kurator yang terdiri dari : Prof. Ir. Totok Rusmanto (Dosen Arsitektur Universitas Diponegoro), Dr. Bachtiar Fauzy (Kaprodi Arsitektur Universitas Parahyangan Bandung), Drs, Aryo Sunaryo (Dosen Sketsa Prodi ISAI UIN Walisongo), dan Adji Nugroho (Anggota Ikatan Arsitek Indonesia Jawa Tengah).

“Kegiatan pameran internasional ini terselenggara berkat kerja sama Prodi Ilmu Seni dan Arsitektur Islam dengan sejumlah organisasi profesi dan komunitas seni antara lain Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jawa Tengah, Komunitas Semarang Sketchwalk, Komunitas Raden Saleh, Pakarti, Gold Pencil, Arsisketur, Urban Sketcher Semarang, dan para seniman dari berbagai kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta,” jelas Thalhah.

Gelaran event Metamorfosart #4 , imbuh Thalhah, dimulai dengan sejumlah kegiatan seperti nyeket bareng gedung Rektorat UIN Walisongo pada bulan Ramadhan lalu. Kemudian nyeket dan nyekrek bareng di sejumlah bangunan tempat ibadah.

PL 04