oleh

Bandar Lampung Target Sasaran Imunisasi Measless Rubella

BANDAR LAMPUNG, PL- Kota Bandar Lampung menjadi target sasaran pemberian imunisasi Campak atau Measless Rubella (MR).

Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, pemberian imunisasi MR ini akan diberikan selama periode Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

“Kami siap melaksanakan instruksi dari pusat, terutama imunisiasi anak nasional. Puskesmas dan sekolah mari kita sukseskan, kita harus jadi contoh provinsi lainnya dan mudah-mudahan anak-anak seluruh Indonesia sehat semua,” ujar Eva, usai penandatanganan komitmen pencanangan BIAN tahun 2022, di SDN 1 Rawa Laut, Enggal, Rabu (18/5/2022).

Tujuan imunisasi tersebut mencegah campak dan rubela serta penyakit lainnya. Terlebis saat ini muncul penyakit hepatitis akut. Imunisasi ini digunakan untuk mengantisiapasi.

Pemkot akan door to doorkembali seperti penyuntikan vaksinasi Covid-19, untuk memberikan vaksinasi MR anak yang ada di kota Bandar lampung.

“Kami berharap semua masyarakat kota tidak khawatir karena vaksinasi MR aman. Tujuannya juga untuk tingkatkan imun. Ini tidak lain untuk generasi bangsa Indonesia kedepan,” ungkapnya.

Plt Kadis Kesehatan kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri menambahkan, penyuntikan imunisasi ini akan diselenggarakan 1 bulan, namun tak menutup kemungkinan diperpanjang.

“Target hari ini ada 12.240 anak di 82 posyandu dan 44 sekolah yang dilakukan penyuntikan. Total keseluruhan 171.799 anak dapat imunisasi MR,” ucap Desti.

Imunisasi ini untuk anak usia 12 bulan-12 tahun.

“Pelaksanaannya di Puskesmas itu kalau ada anak yang datang, kalau di sekolah dan Posyandu kita yang datang. Jika ada dampak setelah disuntik vaksinasi, kita sudah membentuk Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Tapi ya doakan aman-aman saja,” terangnya.

Tri Oktavian