oleh

Lalulintas Kalianda Direkayasa, Segera

LAMPUNG SELATAN, PL– Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lampung Selatan menjadwalkan uji coba rekayasa lalulintas Jalan Lingkar Kalianda, pekan depan. Hal ini dilakukan setelah seluruh jajaran yang terlibat memastikan kesiapan personelnya.

Bahkan pihaknya telah memaparkan berbagai hasil kajian rekayasa lalulintas kepada Satlantas Polres Lamsel dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dalam rapat yang digelar di ruang Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan (Ekobang) Setdakab Lamsel, Kamis (7/4) kemarin.

Rapat internal itu, dilakukan agar seluruh komponen yang terlibat bisa mengetahui lebih kongkret rencana rekayasa lalulintas yang dimaksud, sehingga, bisa menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk terwujudnya rute Jalan Lingkar Kalianda.

Darmawan mengatakan rapat internal untuk berkoordinasi kepada elemen yang terlibat. Karena, untuk mewujudkan ini semua kita membutuhkan Satlantas Polres dan juga Satpol-PP. Sudah kami paparkan hasil kajian kami dan akan segera di ujicoba kan setelah semuanya siap.

Untuk mengarahkan kendaraan melewati Kota Kalianda dibutuhkan berbagai rambu-rambu lalulintas yang memadai. Namun, jika belum bisa tersedia,maka bisa digantikan dengan personel gabungan baik dari Dishub, Satpol-PP maupun Satlantas. Maka kita rapat tadi untuk melakukan koordinasi. Sebelum ada rambu-rambu lalulintas yang cukup, bisa kita standbye kan anggota disetiap titik yang menunjukan arah jalan Lingkar Kota Kalianda.

Lebih lanjut dia mengatakan, rute rekayasa lalulintas itu akan mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas dari arah Jalinsum Bakauheni akan dibelokkan menuju Jalan Raden Intan hingga menembus Jalan Kolonel Makmun Rasyid.

Sementara dari arah sebaliknya, akan diarahkan belok menuju Gor Way Handak dan Stadion Jati lalu keluar di depan Polsek Kalianda.

Dengan harapannya bisa menghidupkan Kota Kalianda agar semakin ramai. Pengendara bisa mengetahui kondisi Kota Kalianda dan berminat untuk singgah. Sehingga, berdampak pada peningkatkan perekonomian di masyarakat kita.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menginstruksikan jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) untuk melakukan rekayasa lalulintas agar kendaraan melintasi wilayah Kota Kalianda. Hal ini dilakukan guna menghidupkan perekonomian masyarakat diseputar Ibu Kota Kabupaten Khagom Mufakat ini.

selama ini masyarakat luas tidak mengetahui keberadaan Kota Kalianda. Sebab, mereka hanya melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang tidak memperlihatkan geliat kesibukan masyarakat di Kota Kalianda.

Orang luar tahunya Kalianda ini ya hanya sepanjang Jalinsum saja. Makanya, saya minta Dishub segera melakukan rekayasa lalulintas agar pengendara tahu Kalianda itu luas sampai ke dalam-dalam.

Nanang Ermanto megatakan rekayasa lalulintas yang akan dilakukan adalah rute dari arah Bakauheni akan dibelokkan menuju Jalan Raden Intan hingga menembus Jalan Kolonel Makmun Rasyid. Sementara dari arah sebaliknya, akan diarahkan menuju Gor Way Handak melintasi dua jalur hingga tembus di Jalinsum Kalianda Desa Kedaton.

Harapannya bisa menghidupkan Kota Kalianda agar semakin ramai. Pengendara bisa mengetahui kondisi Kota Kalianda dan mereka nanti tertarik untuk singgah di Kalianda. Jadi Kalianda akan semakin ramai.

(*)