oleh

Pembangunan SMK Negeri Air Naningan Wujud Komitmen Pemprov Lampung Realisasikan Keinginan Masyarakat

TANGGAMUS, PL– Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, disambut dengan prosesi adat Lampung berupa arak-arakan, tarian dan atraksi pencak silat, hingga pengalungan selendang belah ketupat oleh Bupati Tanggamus, Dewi Andjani, pada saat Peresmian SMK Negeri 1 Pertanian Air Naningan, Rabu (30/3/2022).

Acara tetsebut juga sekaligus Peresmian Gedung Program Revitalisasi, dan Unit Sekolah baru SMA (Negeri Pulau Legundi) – SMK Provinsi Lampung, Serta Gedung Kantor Cabang Dinas Wilayah III, V, VII, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Gubernur Arinal mengatakan, dalam rangka mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan Nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten, Kecamatan hingga Pekon.

“Koordinasi sinergi, partisipasi serta kontribusi antar jenjang Pemerintahan menjadi kunci keberhasilan kita bersama, ” Kata Gubernur

Patut kita syukuri setelah berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi, dapat dilihat dari berbagai indikator pembangunan menunjukkan trend positif.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung kembali bergerak naik setelah mengalami kontraksi sebesar 1,67% di Tahun 2020 menjadi 2,79% di Tahun 2021 dengan PDRB Rp. 40,95 juta.

Struktur PDRB masih didominasi oleh 3 (tiga) sektor unggulan yaitu pertanian, perdagangan dan industri pengolahan. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tanggamus tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar 1,77% dan mengalami peningkatan di tahun 2021 sebesar 2,3%.

Kabupaten Tanggamus sebagai salah satu daerah penghasil komoditas perkebunan antara lain kopi, lada, kakao, alpukat, manggis, papaya, dan bawang merah. Dari sektor peternakan, Kabupaten Tanggamus menjadi salah satu penghasil komoditas unggulan yaitu kambing.

“Program yang tengah digalakkan yaitu ICARE (Integrated Corporation of Agricultural Research, Development, and Empowerment) dan Intercropping lada serta mengembangkan Kawasan Industri.” Tambah Gubernur Arinal

Untuk mendukung hal tersebut, kata Gubernur Arininal, Pemerintah Provinsi Lampung membangun SMK Negeri Air Naningan guna menfasilitasi tingginya keinginan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan anaknya dari SMP ke SMA dan SMK mendorong pemerintah Provinsi Lampung untuk mewujudkan Sekolah Menengah Negeri di Air Naningan.

Selain itu, pembangunan unit sekolah baru juga sebagai implementasi pemerataan pembangunan pendidikan di Provinsi Lampung.

Meningkatnya mutu pendidikan bukan hanya ditentukan dan dipengaruhi oleh tujuan pendidikan, peserta didik, pendidik, isi pendidikan, metode pendidikan, alat pendidikan, tetapi juga ditentukan dan dipengaruhi oleh lingkungan pendidikan itu sendiri dalam hal ini masyarakat.

Masyarakat merupakan komponen yang partisipasinya bagi pendidikan sungguh sangat diharapkan karena tanpa adanya kerja sama yang baik antara sekolah dan masyarakat, maka mustahil tujuan yang diinginkan bersama dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kehidupan masyarakat di lingkungan sekolah, selain dapat digunakan sebagai contoh dalam pembelajaran juga mempunyai peran untuk ikut serta dalam praktik kelancaran penyelenggaraan pendidikan.

Sementara Bupati Tanggamus, Dewi Handjani, mengatakan, atas nama pribadi, dan masyarakat Tanggamus mengucapkan terimakasih atas semua pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui Gubernur.

Mulai dari sarana transportasi, infrastruktur, dan lain sebagainya, terutama pembangunan Sekolah SMK Negeri Pertanian Air Naningan, Sekolah di Pulau Legundi, dan yang akan datang di Pulau Tabuan.

“Mudah-mudahan suatu saat nanti menjadi SMK Pertanian terpadu dengan lebih banyak fasilitas, penambahan jurusan dan Asrama untuk siswa.” Ujar Dewi Handjani.

Sedangkan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Sulpakar, dalam laporannya mengatakan, SMK Air Naningan mendukung visi Rakyat Lampung Berjaya terutama disektor pertanian

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dalam mendukung Program KPB juga telah memberikan Bantuan Beasiswa untuk anak petani berprestasi, antara lain Beasiswa Universitas Lampung Fakultas Pertanian sebanyak 100 orang. Beasiswa Politeknik Negeri Lampung Program Studi Pertanian sebanyak 129 orang.

Di Provinsi Lampung terdapat 44 Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki kompetensi pertanian dan perkebunan yang siap mendukung program KPB demi terciptanya Visi Petani Lampung Berjaya.

Bantuan pemerintah Provinsi membangun SMA pulau legundi, kedepan akan membangun juga di pulau labuan. 12 bantuan Revitalisasi SMK-SMA.

Smart school merupakan salah satu program strategis Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung dengan tujuan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan.

Aplikasi Smart School telah diluncurkan pada tanggal 16 Desember 2019 di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung oleh Bapak Gubernur Lampung Arinal Djunadi yang bertepatan dengan Resepsi HGN (Hari Guru Nasional) dan HUT PGRI ke 74.

Sebagai upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dalam peningkatan pengembangan SMK, hingga tahun 2021 terdapat 29 (dua puluh sembilan) SMK yang mendapatkan bantuan SMK-PK dan 2 (dua) SMK yang mendapatkan bantuan SMK R.1 4.0. yang telah Bapak Gubernur resmikan pada tanggal 19 Januari Tahun 2022 di SMKN 3 Kota Bumi Kabupaten Lampung Utara.

(*)