oleh

Kisah Pengrajin Kain Perca yang Sukses Mengembangkan Usaha bersama TIKI

Dengan dukungan TIKI, Heni sukses mengembangkan berbagai kerajinan berbahan kain perca yang pasarnya merambah hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

 

Ba’da Subuh, Heni sudah bersiap di depan mesin jahitnya. Beberapa tumpukan kain perca yang sudah dibuat pola membentuk lapisan-lapisan masker, ia letakkan di sisi meja mesin jahit.

Hari itu, setidaknya ia harus menyelesaikan 50 masker kain pesanan pembelinya. Sementara, tak jauh dari mesin jahit, ada tiga tumpukan kardus berisi masker dan sejumlah kerajinan kain yang sudah siap untuk dikirim ke berbagai daerah.

Dari sepetak ruang keluarga di rumahnya yang ia ubah menjadi ruang produksi, hampir setiap hari Heni membuat masker maupun aneka kerajinan tangan lainnya, seperti: gantungan kunci, tempat tisu, sarung bantal kursi hingga tas sesuai dengan pesanan yang permintaannya terus meningkat setiap bulannya.

Buat Heni Dwisari (37), menjadi pengrajin masker dan berbagai kreasi kerajinan berbahan kain perca, adalah hobi yang mampu dijadikan sebagai penopang perekonomian keluarga yang sudah ia lakukan sejak lama.

 

 

Pesanan masker kain buatannya mulai meningkat drastis ketika pandemi terjadi. Saat itu, ia menerima banyak orderan untuk membuat masker dari berbagai daerah di Indonesia. 

Produk masker kain dan kerajinan lain, yang ia beri nama “Hey Lilil” itu bahkan sudah merambah hingga ke berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Palembang, Padang dan Kalimantan.

Baca Juga: Hasil Produk UMKM Bandar Lampung Dipamerkan di Belgia

Dengan memanfaatkan media sosial, produk masker dan kerajinan kain perca yang ia buat mampu bersaing dan kini menjadi salah satu sumber penghasilan utama keluarganya.

“Saat pandemi saya memang sempat mengurangi produksi kerajinan lain selain masker, karena saat itu terjadi kelangkaan masker medis sehingga saya tergerak untuk membuat masker dari kain. Dan ternyata, permintaannya lumayan tinggi, apalagi waktu itu, pengrajin masker masih relatif sedikit,” aku Heni.

 

 

Ketika membuat masker-masker dengan motif dan corak kain yang unik itu, Heni sepenuhnya dibantu oleh adik perempuannya, karena ia sempat kewalahan melayani pesanan masker dari berbagai daerah di Indonesia.

“Awalnya memang saya menjual hanya sebatas di lingkungan pertemanan sewaktu menjadi guru dulu, tapi karena banyak yang tertarik dengan desain dan motifnya akhirnya saya meluaskan pasar dengan memanfaatkan media sosial untuk menjual masker dan kerajinan kain buatan saya”.

Soal kualitas masker buatannya, Heni amat selektif dalam memilih bahan kain yang akan digunakan. Ia bahkan harus melakukan riset terlebih dahulu terhadap jenis-jenis kain yang layak dan aman untuk dijadikan masker termasuk mempertimbangkan seberapa efektif masker buatannya mampu menghalau virus dan bakteri.

Berdasarkan riset sederhananya itu, Heni mampu membuat masker kain dengan lapisan kain tambahan di dalam masker sehingga mampu memenuhi standar sebuah masker yang layak, termasuk untuk anak-anak. Selain itu, masker buatannya juga bisa dicuci agar bisa digunakan berulang kali.

“Saya memang cukup selektif untuk bahan masker yang saya gunakan. Artinya, saya tidak hanya sekedar mementingkan faktor desain dan motifnya saja tapi juga mengutamakan fungsi utama dari masker sebagai pelindung mulut dan hidung. Masker-masker yang saya buat ini terdiri dari tiga lapisan di dalamnya jadi bisa lebih maksimal melindungi sekaligus bisa dicuci dan digunakan ulang,” jelasnya lagi.

Selain itu dari sisi motif, Heni memang membuatnya dengan amat terbatas (custom), sehingga corak atau motif kain perca antara satu masker dengan yang lainnya saling berbeda agar terlihat unik.

 

 

Mengandalkan TIKI sebagai Jasa Pengiriman Paket

Untuk urusan pengiriman masker maupun hasil kerajinan tangan lain buatannya, Heni selalu mengandalkan TIKI sebagai jasa pengiriman barang yang paling bisa ia andalkan.

Bahkan buat Heni, TIKI bukan hanya sekedar layanan jasa pengiriman barang biasa. TIKI sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi dirinya dan keluarganya. Dulu, saat ia masih menjadi guru di sebuah sekolah swasta yang jaraknya cukup jauh dari rumah, TIKI selalu menjadi andalan orang tuanya untuk mengirim berbagai kebutuhan kepadanya.

“Dari tahun 2011 sudah pake TIKI. Dulu, ibu sering mengirim kue, makanan dan pakaian dengan TIKI, karena lebih aman dan lebih cepat sampai,” jelasnya.

Dan, secara kebetulan, kantor TIKI Bandar Lampung yang ada di Jalan Nusantara No. 2, Kelurahan Sepang Jaya, Kecamatan Labuhanratu, berada tak jauh dari rumahnya yang hanya berjarak kurang dari 500 meter, sehingga ia sudah amat familiar khususnya dengan kurir-kurir TIKI yang kerap menjemput paket yang hendak ia kirim.

“Kalau tidak ada TIKI mungkin masker dan kerajinan kain buatan saya ini tidak akan bisa sampai ke berbagai kota di Indonesia. Selain itu, TIKI juga banyak memberikan kemudahan dalam pelayanannya sehingga lebih praktis, harganya juga lebih terjangkau untuk industri rumahan seperti saya”.

Terlebih, lanjut Heni, seiring dengan perkembangan waktu, TIKI juga terus berinovasi terhadap layanan produknya, dengan menyesuaikan perkembangan teknologi yang memudahkan konsumen dalam menikmati berbagai layanan TIKI.

Menurut Heni, ada satu hal yang tak bisa dilepaskan dari pelayanan TIKI  dari sejak pertama kali ia dan keluarga menggunakan jasa TIKI hingga saat ini, yakni layanan TIKI yang selalu mengutamakan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utamanya.

“Waktu pandemi, saya selalu memanfaatkan layanan jemput online (Jempol) di aplikasi TIKI, jadi lebih praktis, lebih aman dan meminimalisir kontak secara langsung”.

Tak hanya itu saja, dengan mengandalkan TIKI, Heni juga mampu memberikan garansi kepada seluruh konsumennya terkait kepastian waktu sampai barang kirimannya, khususnya melalui fitur real time tracking yang memudahkan penggunanya untuk melihat status pengiriman secara real time baik melalui aplikasi, website hingga hotline TIKI di 1500125.

Selain itu, ada juga fitur SMS notifikasi yang menginformasikan kepada pengirim barang jika barang hendak dikirim maupun ketika barang sudah sampai ditangan penerimanya.

“Puluhan tahun menggunakan jasa TIKI, alhamdulillah saya tidak pernah merasa kecewa dan selalu puas dengan pelayanannya sampai saat ini. Bahkan, saya harus berterima kasih banyak kepada TIKI, melalui layanannya, usaha kerajinan saya bisa berkembang dan dikenal seperti saat ini,” terang Heni.

Melalui berbagai inovasi fitur layanan yang dikembangkan oleh TIKI pula, membuat Heni dan keluarganya selalu menjadikan TIKI sebagai pilihan utama jasa pengiriman barang dengan harga paling terjangkau dan yang paling bisa diandalkan.

“Sekarang, tiap mau kirim apa saja, yang terlintas pertama kali langsung pake TIKI aja yang sudah pasti layanannya”.

 

 

Mengenal TIKI sebagai Jasa Pengiriman yang Paling Bisa Diandalkan untuk UMKM

Sebagai pelopor jasa layanan pengiriman di Indonesia, TIKI memang terus berinovasi terhadap fitur layanan produknya untuk semakin memudahkan para pengguna jasanya.

TIKI yang didirikan oleh Soeprapto Soeparno dan Nuraini Soeprapto pada 1 September 1970 melalui perusahaan PT. Citra Van Titipan Kilat yang kemudian populer dengan sebutan TIKI ini terus berkembang kian pesat sampai hari ini.

Bermula dari dua cabang utama di Pangkalpinang dan Semarang, kini TIKI sudah hadir di 66 kota besar di Indonesia dengan 500 kantor perwakilan serta lebih dari 3.700 gerai.

Dengan jaringan yang melayani 90 persen dari total jaringan TIKI yang ada di seluruh Indonesia itu, menjadikan perusahaan pelopor jasa pengiriman ini sebagai perusahaan jasa terluas di Indonesia dengan jaringan yang bahkan sudah merambah ke 83.843 desa maupun kelurahan yang telah merasakan manfaat pelayanan berkualitas dari TIKI.

Tak hanya itu saja, keberadaan TIKI juga mampu memberdayakan sebanyak 6.000 lebih karyawan di seluruh cabang, kantor perwakilan hingga gerai TIKI yang ada di seluruh Indonesia.

Dengan berbagai keunggulan itu pulalah yang menjadikan TIKI begitu dipercaya oleh banyak penggunanya dari berbagai segmen masyarakat.

Produk dan Layanan TIKI

Untuk melayani berbagai kebutuhan masyarakat, TIKI dilengkapi berbagai jenis fitur layanan dan kemudahan yang sangat memanjakan pengguna jasa sejak dari pertama kali mengirim paket dengan TIKI.

Berikut sejumlah produk dan layanan TIKI yang menjadikannya terdepan dalam kualitas dan kepuasan pelayanan kepada masyarakat;

Produk TIKI

Banyak produk TIKI yang diminati oleh konsumennya, karena selain menjamin kepastian pengiriman barang, harga layanan jasanya juga sangat terjangkau, berikut produk-produk TIKI;

Same Day Service (SDS)

Produk ini, memberikan kepastian kepada pengguna produk jika paket maupun dokumen yang dikirim akan sampai di hari yang sama. Produk ini memang ditujukan kepada konsumen yang membutuhkan kecepatan waktu pengiriman, dan TIKI mampu menjawab kebutuhan itu.

Over Night Service (ONS)

Produk ini menjamin tiap paket yang dikirim sampai hanya dalam 1 hari pengiriman saja untuk bisa sampai ke tempat tujuan.

Two Days Service (TDS)

Sesuai dengan namanya, produk TDS dari TIKI ini memang memberikan garansi pengiriman paket dalam dua hari pengiriman hingga sampai ke tempat tujuan.

Regular Service (REG)

Meski masuk dalam kategori servis pengiriman reguler, namun TIKI memberikan kepastian jika paket yang dikirim sampai hanya dalam hitungan 2 – 4 hari pengiriman saja dengan daya jangkau meliputi seluruh wilayah Indonesia.

Economy Service (ECO)

Produk Economy Service memiliki keunggulan berupa biaya pengiriman yang jauh lebih terjangkau sekaligus hemat.

Trucking Service (TRC)

Produk trucking service umumnya ditujukan untuk pebisnis maupun pengusaha seperti distributor barang yang membutuhkan armada seperti truk untuk mengirim paket hingga lebih dari 10 kilogram.

International Service (INT)

Produk ini memberikan kemudahan bagi konsumen termasuk bagi UMKM yang ingin mengirim paket maupun barang hingga ke seluruh dunia dengan harga yang sangat terjangkau.

 

 

Inovasi Produk Baru TIKI di Masa Pandemi

Untuk lebih memaksimalkan pelayanannya, TIKI juga membuat terobosan baru dalam hal hal inovasi pengembangan produk yang diluncurkan sejak semester pertama tahun 2020 yang disesuaikan dengan program pemerintah melalui penerapan protokol kesehatan. Berikut tiga inovasi produk yang dikembangkan TIKI ketika pandemi;

TIKI PUTAR (Jemput Antar)

Produk inovasi yang amat populer di kala pandemi ini memberikan jaminan waktu pengantaran secara pasti yakni; 3 jam di hari yang sama. Produk ini bahkan memiliki kecepatan pengantaran melebihi produk Same Day Service (SDS).

Melalui dukungan kurir TIKI yang berpengalaman, handal dan profesional, mampu menjamin bahwa kecepatan pengiriman menjadi prioritas bagi TIKI.

Hebatnya lagi, meski memberikan jaminan berupa kecepatan pengiriman paket, tarif yang ditawarkan justru sangat kompetitif. Dalam pelayanan ini, TIKI sama sekali tidak memberlakukan sistem tarif berdasarkan jarak, melainkan tarif flat berdasarkan berat paket yang dikirim dengan estimasi tarif Rp. 15 ribu/ 2 kilogram.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh produk Jemput Antar (Putar) ini mendapat respon yang tinggi dari konsumen. Produk yang semula hanya diberlakukan di daerah DKI Jakarta kini berkembang luas hingga ke berbagai kota besar lain seperti; Bandung, Cirebon dan Mataram.

 

 

TIKI SERLOK (Seller Online Booking)

Produk ini awalnya dikembangkan karena TIKI melihat banyaknya seller online yang memanfaatkan media sosial untuk berjualan sehingga kemudian diluncurkanlah layanan TIKI Serlok untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam hal layanan yang diberikan oleh TIKI.

Konsumen tidak hanya menikmati kemudahan berupa gratis jemput (pick up) barang saja tapi juga memperoleh diskon hingga 18 persen biaya pengiriman.

Selain itu, TIKI juga memberikan kemudahan lain seperti fitur Cash On Delivery (COD) hingga waktu pelunasan hingga H+2 sejak dari transaksi.

Produk ini menjadi upaya keberpihakan TIKI terhadap para seller online, bahkan TIKI juga memberikan fitur layanan produk secara terintegrasi bagi seller online yang memiliki website, sehingga kian memudahkan transaksi.

Sejauh ini, produk TIKI Serlok sudah menjangkau wilayah Jakarta dan 50 agen utama TIKI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

 

 

TIKI SDS KITA (Same Day Service Kuliner Nusantara)

Produk SDS KITA menjadi upaya TIKI mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mencintai keberagaman kuliner nusantara sekaligus membantu para pengusaha kuliner untuk tetap bertahan dan sukses bersama TIKI.

SDS KITA memberikan kemudahan berupa layanan pesan antar makanan dengan biaya yang lebih hemat. Produk yang masuk dalam kategori Same Day Service ini menjamin makanan yang dikirim akan tiba di hari yang sama dengan biaya pengiriman yang sangat kompetitif.

Saat ini, produk SDS KITA sudah menjangkau berbagai daerah seperti Bandung, Denpasar, Palembang, Makassar, Surabaya, Pontianak serta beberapa kota dengan wilayah tujuan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Layanan TIKI

Untuk memberikan kepastian waktu pengiriman hingga kemudahan pemesanan jasa pengiriman, TIKI juga memiliki beragam fitur layanan seperti berikut ini;

Aplikasi TIKI

Untuk memudahkan konsumen dalam mengakses berbagai produk dan layanan, TIKI juga bisa diakses melalui aplikasi yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemudahan seperti cek tarif, mencari gerai TIKI terdekat dari lokasi konsumen.

Melalui aplikasi ini pula, konsumen juga bisa menggunakan layanan Jemput Online (Jempol) serta berbagai informasi seputar produk TIKI hingga program loyalitas untuk pelanggan. Aplikasi TIKI bisa diunduh melalui play store maupun app store.

 

 

Jemput Online (JEMPOL)

Layanan berbasis aplikasi ini memberikan kemudahan kepada konsumen mulai dari penjemputan paket secara gratis tanpa minimum berat, yang proses pembayarannya bisa dilakukan langsung kepada kurir TIKI ketika melakukan penjemputan paket.

 

 

Gerai 24 Jam

Untuk memberikan layanan secara maksimal kepada konsumennya, TIKI juga memiliki gerai yang beroperasi secara 24 jam secara penuh yang telah hadir di berbagai kota besar di Indonesia.

Real Time Tracking

Fitur ini memungkinkan konsumen untuk melakukan pengecekan status pengiriman secara real time sehingga mampu memberikan rasa aman sekaligus nyaman bagi pengguna jasa TIKI.

Layanan Real Time Tracking ini bahkan bisa dilakukan melalui berbagai cara, mulai dari aplikasi TIKI, website resmi TIKI hingga layakan hotline TIKI di nomor 1500125.

 

 

Drive Thru 24 Hours

Layanan ini memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mengirimkan barang kapan pun selama 24 jam secara praktis melalui layanan Drive Thru 24 Hours tanpa harus repot turun dari kendaraan.

Layanan ini, menjadi sebuah terobosan yang menjadikan TIKI sebagai pelopor layanan yang memberikan banyak kemudahan bagi konsumennya. Saat ini, layanan Drive Thru 24 Hours sudah tersedia di TIKI Pemuda serta TIKI Duren Tiga.

TIKI Online Booking

Layanan praktis ini memudahkan konsumen untuk melakukan pemesanan penjemputan (pick up) paket cukup dengan mengakses website resmi TIKI di laman berikut https://tiki.id/id/beranda.

E-Signature

Fitur tanda tangan elektronik (e-signature) ini merupakan layanan TIKI untuk memberikan kepastian kepada konsumen dalam hal kejelasan status waktu barang diterima sekaligus penerima barang yang bisa diakses langsung oleh konsumen baik secara online maupun real time.

SMS Notifikasi

Fitur ini digunakan untuk memudahkan proses komunikasi antara konsumen dengan TIKI ketika proses pengiriman barang berlangsung maupun saat paket telah diterima.

Cash On Delivery (COD)

Layanan ini memberi kemudahan berupa pembayaran di tempat, ketika konsumen melakukan pembelanjaan melalui marketplace tertentu. Melalui fitur ini, konsumen hanya cukup menunggu barang pesanan tiba dan melakukan pembayaran langsung kepada kurir.

Asuransi

Layanan asuransi ini efektif memberikan jaminan perlindungan terhadap barang maupun dokumen yang dikirim, sehingga konsumen bisa lebih nyaman dan merasa aman terhadap barang yang dikirim.

Pengemasan

Bagi konsumen TIKI yang ingin memastikan proses pengemasan barangnya lebih aman, TIKI memberikan layanan pengemasan untuk menjamin keamanan barang melalui proses pengemasan yang baik.

Pengemasan Ulang

Layanan pengemasan ulang ini dilakukan untuk menjamin proses pengemasan mampu memberikan keamanan terhadap barang yang ada didalamnya. Petugas TIKI yang sudah profesional dan berpengalaman akan melakukan pengemasan ulang dengan baik untuk memastikan barang tetap aman.

Penghargaan yang Telah Diraih TIKI

Melalui kiprahnya sebagai penyedia jasa pengiriman terbesar di Indonesia serta berbagai inovasi produk dan layanan yang dilakukan TIKI, membuat PT. Citra Van Titipan Kilat meraih berbagai penghargaan bergengsi diantaranya berikut ini;

  • Top Innovation Award atas inovasi layanan Seller Online Booking (SERLOK) oleh TRAS N CO Indonesia, 2021 
  • Indonesia Millenial’s Top Brand Award 2019 kategori courier service oleh Warta Ekonomi pada 2019,
  • Indonesia Business Development Award 2018 kategori “The Best Freight Forwarding Company in Service and Customer Satisfaction of the Year 2018” oleh Indonesia Development Achievement Foundation,
  • Top Brand Category: Courier Service in recognition of outstanding achievement in building the top brand,
  • SQ Category: Courier For achieving excellent total service quality satisfaction based on customer perception survey SQ Index 2018,
  • Superbrands Indonesia 2017 dari Superbrands Indonesia,
  • Netizen Courier Service Choice 2017 dari Majalah Warta Ekonomi,
  • Top Brand Award dari Frontier dan Majalah Marketing,
  • Service Quality Award 2016 dari Service Excellence,
  • Pertama di Indonesia TIKI Self Service Machine dari Tras n Co,
  • Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 dari Tras n Co,
  • Indonesia E-Commerce Brand Award 2016,
  • Indonesia Wow Brand 2015 dari Markplus, dan
  • Indonesia Most Favorite Women Brand 2015 dari MarkPlus.

Dukungan TIKI terhadap UMKM dan Pendidikan

Heni Dwisari bisa jadi hanyalah satu dari sekian banyak pelaku UMKM yang ada di Indonesia yang berhasil dan mengembangkan usahanya melalui daya jangkau pasarnya yang lebih luas hingga ke luar negeri melalui dukungan layanan TIKI.

Dukungan TIKI terhadap pengusaha UMKM juga menjadi bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan khususnya di bidang sosial dan pendidikan.

Bidang Pendidikan

Kiprah TIKI dalam mengembangkan dunia pendidikan terlihat dari upaya TIKI yang menggandeng Yayasan Pengembang Perpustakaan Indonesia, dengan menyalurkan sebanyak 1001 buku serta memberikan santunan untuk yatim piatu dan tuna netra.

Selain itu, TIKI juga bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggagas program bedah mushola di Sukabumi, Purwakarta, Tegal, Tuban serta Jember

Bidang Sosial

Sedangkan di bidang sosial, khususnya bagi pelaku UMKM, TIKI memberikan berbagai pembekalan dalam hal pengelolaan sistem distribusi sekaligus membimbing dan memberikan solusi bagi para pelaku UMKM dalam hal jasa pengiriman yang selama ini memang masih menjadi kendala bagi para pelaku UMKM untuk mampu bersaing ditingkat global.

Dari berbagai inovasi serta komitmen yang terus dilakukan TIKI untuk memuaskan konsumennya dalam hal pemberian pelayanan yang maksimal dan berkualitas dengan harga yang terjangkau, kian menjadikan TIKI sebagai jasa pengiriman barang di Indonesia yang paling terdepan sekaligus paling inovatif dan dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan pengiriman paket maupun dokumen. (Meza Swastika)